04 Agustus 2020

Tiga Kapolres dan Sejumlah Pejabat Tinggi Polda Malut Berganti

TERNATE, OT - Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), mengeluarkan Surat Telegram (TR) tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di lingkungan Polri, tertanggal 3 Agustus 2020.

Dalam TR yang ditandatangani AS SDM, Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri Jenderal Idham Azis itu, terdapat 196 perwira Polri yang dirotasi, termasuk tiga Kapolres di wilayah hukum Provinsi Maluku Utara.

Berdasarkan TR Kapolri Nomor ST/2250/VIII/KEP/2020 dan ST/2249/VIII/KEP/2020 tertanggal 3 Agustus 2020, selain tiga Kapolres, empat pejabat tinggi lainnya di jajaran Polda Malut juga dirotasi, sehingga total pejabat Polri di Malut yang dirotasi sebanyak tujuj perwira.

Informasi yang dihimpun indotimur.com, dari TR yang diterima menyebutkan, tiga Kapolres yang berganti adalah Kapolres Kepulauan Sula, Kapolres Halmahera Selatan dan Kapolres Halmahera Timur.

Selain tiga Kapolres, jabatan Dirpamobvit Polda Malut. Wadirkrimsus dan Wadirlantas Polda Malut juga berganti.

Kapolres Kepulauan Sula yang sebelumnya dijabat AKBP M. Irvan kini dijabat AKBP Herry Purwanto yang sebelumnya sebagai Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Malut. Irvan dipindahkan sebagai Kapolres Halmahera Selatan.

Selanjutnya ada nama AKBP M. Faishal Aris yang sebelumnya menjabat Kapolres Halsel diangkat menjadi Wadansat Jibom Pasgegana Korbrimob Polri.

Kapolres Halmahera Timur yang sebelumnya dijabat AKBP Mikael P. Sitanggang, digantikan oleh AKBP Edy Sugiharto. Edy sebelumnya menjabat Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Malut. Sementara Mikael diangkat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Malut.

Selain tiga Kapolres itu, pergantian juga terjadi pada jabatan Dirpamobvit Polda Malut. Penjabat sebelumnya, Kombes Pol Dulfi Muis diangkat menjadi Agen Intelijen Kepolisian Madya Tingkat II Baintelkam Polri. Posisi yang ditinggalkan Dulfi diisi Kombes Pol Wandy Rustiawan yang sebelumnya menjabat Kasubdit Fasmat SBST Ditregident Korlantas Polri.

Selanjutnya jabatan Wadirlantas Polda Malut AKBP Driyano Andri Ibrahim diangkat dalam jabatan baru sebagai Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Irwasda Polda Maluku.

Juru bicara Polda Malut, AKBP Adip Rojikan saat menggelar press conference , Selasa (4/8/2020), menyampaikan, rotasi di lingkungan Polda Malut, merupakan hal biasa.

Kata dia, mutasi di lingkungan Polri merupakan bentuk penghargaan pimpinan Polri kepada personel Polri yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Untuk pelaksanaan serah terima jabatan akan dilaksanakan 14 hari setelah ST ditandatangani atau menunggu informasi lebih lanjut," ucap Adip

Kepada pejabat Polda Maluku Utara yang mendapatkan promosi jabatan, Polda Malut menyampaikan ucapan selamat mengemban amanah baru, "semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA," tutup Adip. (thy)


Reporter: Ibenk