Home / Nusantara

PT Pertamina Cabang Ternate Bantah Minyak Tanah Langka di Ternate

04 Januari 2021
PT. Pertamina (foto_ist)

TERNATE, OT - PT. Pertamina Cabang Ternate membantah pernyataan sejumlah motoris speedboat di pelabuhan semut Mangga Dua yang menyebut Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak tanah langka di Ternate.

Sales Pertamina Cabang Ternate, Gilang Hiysam saat dikonfirmasi indotimur.com Senin, (4/1/2021) memastikan tidak ada kelangkaan BBM termasuk minyak tanah di Kota Ternate.

Dia menduga, kelangkaan BBM yang dikeluhkan motoris speedboat di pelabuhan semut Mangga Dua, hanya opini yang terbangun, sebab hingga saat ini, stok atau ketersediaan BBM di Ternate masih tersedia baik di SPBU maupun pangkalan mintak tanah yang tersebar pada hampir semua Kelurahan di Ternate.

Dia membantah informasi yang menyebutkan BBM jenis minyak tanah, langka di Ternate, sebab pihak Pertamina secara kontinyu atau terjadwal aelalu menyalurkan ke pangkalan-pangkalan maupun SPBU di Ternate.

Menurutnya, BBM jenis minyak tanah adalah BBM bersubsidi, sehingga bukan diperuntukan bagi speedboat atau industri, "alokasi minyak tanah tidak diperuntukan bagi speedboot, tetapi untuk kebutuhan rumah tangga, sehingga jika ada pasokan untuk speedboat, kami tidak tau mereka dapat dari mana," kata Gilang.

Senada, Unit Regin Mor 8 Pertamina, Fajat juga membantah jika ada kelangkaan BBM jenis minyak tanah di Ternate.

Dia menyebut, alasan motoris yang menyatakan ada kelangkaan minyak tanah, merupakan opini yang perlu diluruskan.

"Iya, untuk informasi itu sepertinya ada kesalahan opini mas, karena stok minyak tanah di Maluku Utara sendiri dalam posisi aman dan masih banyak," pungkasnya. (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella