15 Oktober 2020

Pembangunan Jembatan Temadore Dipastikan Akan Dimulai Tahun 2022

Pulau Maitara dan Tidore

TERNATE, OT – Pembangunan jembatan penghubung Kota Ternate, Maitara dan Kota Tidore (Temadore), akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang. Hal ini dikatakan langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate, Fahri Bachdar, Kamis (15/10/2020). 

Kata Fahri, tahun 2020 dan 2021 dilakukan tahap studi kajian AMDAL dan kajian lainnya sehingga pembangunan akan dilaksanakan diawal tahun 2022. Saat ini sudah dilakukan studi kelayakan dan progres telah mencapai 75 persen.  

Berdasarkan hasil koordinasi DPRD dengan Kementerian PUPR, lanjut Fahri, pembangunan jembatan Temadore tahap pertama dialokasikan sebesar Rp 1,9 triliun yang bersumber APBN. 

“Secara teknis pembangunan DPRD belum mengetahui pasti, apakah pembangunan tahap pertama dilakukan Ternate ke Tidore atau Ternate ke Maitara. Tapi peletakan pembangunan dari kota Ternate, yakni di kelurahan Kalumata tepatnya di belakang taman Ria,” ujar Fahri. 

Sementara untuk kesiapan Pemerintah Kota, lanjut Fahri, sudah berkoordinasi dengan Pemkot Tidore kepulauan, maka selanjutnya tinggal menunggu waktu pembangunan.

(awie)


Reporter: Munawir Suhardi