Home / Nusantara

Kapal Penumpang yang Sempat Hilang Kontak Dievakuasi ke Pelabuhan Dufa-Dufa

14 Mei 2022
Sempat hilang kontak, kapal penumpang ruta Jailolo berhasil dievakuasi Tim KSOP Klas II Ternate ke pelabuhan Dufa-Dufa

TERNATE, OT - Sebuah kapal kayu mengalami mati mesin di tengah laut di sekitar perairan Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Jumat (13/5/2022).

Sebelumnya sempat beredar kabar, kapal yang memuat penumpang dari Ternate menuju Jailolo itu tenggelam, namun kabar tersebut tidak benar.

Informasi yang diterima indotimur.com kapak tersebut mengalami kerusakan mesin sebingga terombang-ambing di perairan sekitar Halmahera Barat.

Beruntung kapal tersebut ditemukan oleh kapal patroli KN. P. 358. milik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate yang tengah melakukan pencarian kapal kayu tersebut.

Kapal kayu tujuan Jailolo ditemukan sekitar pukul 20.30 WIT di perairan Pulau Hiri dan Halmaera Barat dan telah dievakuasi menuju pelabuhan Dufa-Dufa di Kecamatan Ternate Utara.

Kasie Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas II Ternate, Miraza Polpoke saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah menemukan kapal yang sebelumnya dikabarkan tenggelam.

"Ditemukan sekitar pukul 20.30 WIT, terapung-apung hingga memasuki perairan Sidangoli, lantaran mati mesin,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan upaya penarikan kapal tersebut menuju pelabuhan Dufa-Dufa menggunakan kapal KN. P. 358 milik KSOP Kelas II Ternate.

“Sementara ini kami dalam proses tarik menuju Dufa-Dufa,” akunya.

Meski begitu, hingga saat ini, pihaknya belum dapat menyampaikan jumlah penumpang dan ABK karena masih dalam proses evakuasi. "Nanti kami ambil data dulu baru sampaikan," ungkapnya.

Miraza juga memastikan dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, semua penumpang dan ABK kapal selamat, bahkan kondisi kapal juga layak (tidak bocor), "Alhamdulilah semuanya penumpang dan ABK saat dievakuasi keadaan selamat,” tandasnya.

Miraza menepis, informasi yang beredar bahwa kapal tersebut tenggelam di perairan antaran pulau Hiri dan Jailolo, "informasi kapal tenggelam itu tidak benar,” tegasnya.

 (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT