Home / Berita / Nasional
20 Mei 2020

Update Covid-19 di Malut: Bertambah Satu Dari Halbar, Jumlah Kasus Positif Jadi 96

TERNATE, OT- Jumlah kasus terkonfirmasi positif di provinsi Maluku Utara (Malut), hingga Rabu (20/5/2020) bertambah satu kasus di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), sehingga total menjadi 96 kasus.

Jubur Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr Alwia Assagaf dalam rilisnya menyampaikan, status kasus terkonfirmasi  positif covid-19 sesuai hasil pemeriksaan melalui TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 3 spesimen, dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif saru orang dari Kabupaten Halmahera Barat.

"Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di provinsi Malut sampai hari ini menjadi 96 orang. Selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 96," jelasnya.

Sementara jumlah kasus sembuh covid-19 belum ada penambahan yakni 12 orang dan jumlah kasus meninggal covid-19 masih 4 orang.

Selanjutnya, Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 977 orang. Jumlah OTG pada hari ini ada penambahan sebanyak 5 orang secara kumulatif, penambhan ada di Halbar, Halsel, Sula dan Halut. hal ini dikarenakan adanya tracking terhadap pasien positif. 

Lanjut Alwia, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 121 orang, ada penambahan secara keseluruhan sebanyak 8 orang di Sula, Halsel, Halut dan Taliabu. 

"Untuk Pasien dalam pengawasan (PDP) tidak ada peningkatan pada hari ini, jumlahnya tetap 16 orang dengan kemarin," ujar Alwia.

Alwia mengimbau, agar masyarakat tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19, diantaranya tetap menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan air dan sabun, keluar rumah hanya untuk keperluan penting, tetap menggunakan masker, tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga ringan di rumah.

"Disiplin terhadap social distancing dan physical distancing merupakan kunci utama untuk menekan penularan covid-19," pungkasnya.(glenipi)


Reporter: Zulkifli A. Yusuf