Home / Berita / Nasional

Pemprov Malut Target Wujudkan LIN di Tiga Daerah Maluku Utara

20 Februari 2021
Sekretaris Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir (foto_indotimur.com)

TERNATE, OT - Mewujudkan wilayah teritorial Maluku Utara sebagai  Lambung Ikan Nasional (LIN) menjadi misi pemerintah Provinsi Maluku Utara saat ini.

"Ada tiga daerah di Provisi Malut yang bakal menjadi tempat penyelenggaraan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir saat mengahdiri kegiatan tamu wicara di Royal Resto, Sabtu, (20/2/2021). sore.

Kata dia, tiga daerah itu ialah Sofifi, Bacan, dan Haltim yang saat ini masih diusulkan untuk membuat Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). 

Menurutnya, untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemprov membutuhkan pemikiran-pemikiran, sehingga perlu untuk didiskusikan, agar supaya menjadi asupan bagi pemerintah dalam mengambil langkah kedepannya.

Dikatakan Sekda, penyelenggaraan LIN masih diupayakan oleh Kadis Perikanan Pemprov Malut yang saat ini masih berada di Jakarta, "kita tinggal menunggu informasi perkembangannya. Mudah-mudahan segera bisa keluar regulasinya terkait dengan anggaran yang akan kita dapatkan, kita berharap demikian," tuturnya.

Syamsudin memaparkan, di Indonesia saat ini, ada 15 SKPT, dan Morotai termasuk didalamnya, sehingga dengan tambahan tiga wilayah yang saat ini tengah diusulkan, Maluku Utara bisa mewujudkan rencana LIN di Maluku Utara.

Orang nomor tiga di jajaran Pemprov Malut itu menyatakan, ketersediaan dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), di bidang kelautan dan perikanan di Maluku Utara cukup banyak.

"Oleh karena itu, Transfer Knowledge, (Transfer Pengetahuan-red), ini penting agar antara akedemisi dan pemerintahan dengan harapan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan," tutupnya.

 (ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Ibenk