Home / Berita / Nasional

Ini Pesan Wali Kota Untuk Para Camat dan Lurah di Kota Ternate

03 Desember 2022
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman meminta para Camat dan Lurah se-Kota Ternate untuk memiliki kepedulian yang tinggi terhadap keluhan dan kebutuhan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Camat dan Lurah, kata Wali Kota merupakan ujung tombak pemerintah di lingkungan masyarakat, sehingga Camat dan Lurah merupakan pemimpin kewilayahan, "itu sebabnya para Camat dan Lurah menggunakan tanda jabatan," kata Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, para Camat dan Lurah bukan hanya sebagai pemimpin di wilayahnya, namun harus menjadi tokoh masyarakat di lingkungan atau wilayah kerjannya.

"Para Camat dan Lurah tidak semata-mata sebagai pimpinan OPD atau lembaga pemerintah tetapi lebih dari itu, para Camat dan Lurah juga harus berperan sebagai tokoh masyarakat di wilayahnya," ujar mantan Lurah Gamalama ini.

Alumni STPDN yang pernah menjabat sebagai Camat Ternate Selatan itu juga mengingatkan para Camat dan Lurah untuk bersinergi dengan masyarakat sekitar, "Camat dan Lurah harus menjadi leadership, harus menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat," ujar Wali Kota.

Menurutnya, sebagai seorang pemimpin di wilayah Kelurahan, para Lurah harus memiliki leadrership karena seorang pemimpin harus mampu menjadi solusi bagi masyarakat yang dipimpinnya.

Para Camat dan Lurah juga harus merubah paradigma pemimpin wilayah, "situasi kerjanya harus dibalik, turun langsung, berbaur dengan maayarakat 70 persen dan 30 persen di kantor mengerjakan administrasi perkantoran," ujar Wali Kota.

"Lurah dan Camat bukan kepala kantor, tetapi pemimpin masyarakat, tetapi juga jangan sampai mengabaikan tugas-tugas pelayanan, tugas-tugas pemerinatan harus jalan," tambahnya.

Wali Kota juga mengingatkan para Lurah dan Camat untuk memiliki kepedulian terhadap masalah sampah yang saat ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Ternate, "sampah masih menjadi masalah krusial di Ternate, letak geografis dan prilaku masyarakat masih menjasi PR bagi seluruh jajaran pemerintahan terutama Camat dan Lurah," ingat Wali Kota.

Lurah dan Camat, sambung Wali Kota harus menjadi pioner dalam mengatasi masalah sampah yang hingga saat ini masih menjadi masalah di Kota Ternate.

"Baru-baru ini, Pemkot telah menyalurkan 50 ambrol mini atau armada pengangkut sampah roda tiga yang nanti beroperasi di lingkungan Kelurahan, para Lurah dan Camat harus peo aktif mensosialisasikan program-program penanganan sampah, harus membangun komunikasi dengan masyarakat di wilayahnya masing-masing," pesannya.

Wali Kota juga berharap, para Camat dan Lurah untuk menjadi motor penggerak perubahan perilaku atau mainset masyarakat untuk berubah ke arah yang lebih baik, sebagai upaya mewujudkan Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan (Andalan).

"Harus menjadi pembuka jalan, paling depan, punya kepedulian, saya minta jajaran Lurah dan Camat harus "berlari" penuhi harapan besar masyarakat Ternate, cepat tanggap, jika perlu setiap saat sambangi masyarakat, cari tau keluhan dan kebutuhan masyarakat, harus ada perubahan yang signifikan terhadap maayarakat Kota Ternate, sekali lagi saya tekankan, Lurah dan Camat merupakan ujung tombak pemerintah, saya minta "berlari" wujudkan Ternate Andalan," tutup Wali Kota.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Redaksi

BERITA TERKAIT