Home / Berita / Hukrim

Seorang Perempuan di Ternate, Diamankan Polisi Karena Jual Miras

14 Mei 2022
IRT beserta barang bukti saat diamankan di kantor polisi (foto_ist)

TERNATE, OT - Guna mengantisipasi gangguan kamtibmas yang dipicu minuman keras (miras) jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) melalui Direktorat Samapta intens melakukan operasi pada sejumlah kawasan yang dianggap rawan terhadap gangguan kamtibmas.

Pada, Sabtu (14/5/2022) dinihari, sekira pukul 00:10 WIT, Dit Samapta Polda Malut berhasil mengamankan puluhan miras tradisional jenis captikus.

Barang haram tersebut diamankan dari kediaman salah satu Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial RA di Kelurahan Dufa-Dufa,  Kecamatan Kota Ternate Utara.

Direktur Samapta Polda Malut, Kombes (Pol) Sukron melalui PS. Kanit 2 Suditgasum, Iptu Zulkifli Machmud mengatakan, pihaknya telah telah mengamankan barang bukti miras dari salah satu IRT di Kelurahan Dufa Dufa.

Dia mengatakan, selain 61 kantor miras, pihaknya juga mengamankan 3 botol miras yang dikemas dalam botol air mineral ukuran 1,5 ml.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap RA, barang haram tersebut dipasok dari Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat ke Ternate melalui pelabuhan Dufa-Dufa Ternate.

“Miras ini, dipasok dari Jailolo lewat kapal dari Jailolo turun di pelabuhan Dufa-Dufa untuk diedarkan di Ternate,” ungkap Zulkifli.

Dari hasil pemeriksaan terhadap RA, yang bersangkutan mengaku telah menjalani bisnis ini lebih dari 1 tahun untuk memenuhi kebutuhan sehari.

Terhadap RA, Polisi telah memberikan pembinaan agar tidak lagi mengulangi perbuatannya menjual barang haram. “Tadi malam sudah dilakukan pemeriksaan teehadap RA kemudian diberikan pembinaan untuk tidak lagi melakukan aktivitas menjual miras,” pungkasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT