Home / Berita / Hukrim

Ini Penyebab Seorang Pemuda di Ternate yang Dihakimi Warga

03 September 2021
Ipda Suherman

TERNATE, OT - Penyebab seorang pemuda berinisial RB (35) yang dihakimi warga Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate hingga babak belur malam tadi, disebabkan karena membuat perbuatan tercela di lingkungan masjid.

Kapolsek Ternate Selatan Ipda Suherman kepada indotimur.com mengatakan, kejadian pengeroyokan itu terjadi di lingkungan masjid Raudatul Murtasidin Kelurahan Fitu, malam tadi usai salat Magrib.

Kata Kapolsek, RB diduga dalam keadaan mabuk dan membuat perbuat tercela di lingkungan masjid Raudatul Murtasidin kelurahan Fitu.

Kapolsek mengatakan, berdasarkan keterangan saksi Fahan Kadir (20), bahwa kejadian itu berawal saat saksi beserta jemaah masjid  Raudatul Murtasidin sedang melaksanakan dzikir setelah salat Magrib, saksi melihat pelaku sedang berdiri di teras masjid dan mencoba membuka celananya.

"Melihat hal tersebut saksi beserta salah satu jemaah Adi mendekati pelaku dan bertanya, kenapa membuka celana di dalam masjid. Pelaku menyampaikan bahwa ada semut masuk ke dalam celana sehingga terasa gatal dan mencoba menggaruk bagian dalam celananya," ungkapnya.

BERITA TERKAIT: Seorang Pemuda di Ternate Dihakimi Warga hingga Babak Belur

Lanjutnya, mengetahui pelaku yang sedang mabuk, saksi beserta rekannya mulai curiga lalu melakukan interogasi namun pelaku tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan saksi, sehingga langsung digeledah dan ditemukan sebuah pisau di pinggang.

"Setelah menemukan pisau, saksi dan rekannya langsung memanggil jemaah masjid hingga terjadi kerumunan. Saksi kemudian menceritakan perbuatan pelaku sehingga jemaah masjid dan warga marah dan langsung memukul pelaku," ujar kapolsek.

Sementara sebagian warga menghubungi Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Piket SPKT Polsek Ternate Selatan, saat tiba di TKP langsung mengamankan pelaku. Selanjutnya Piket SPKT Polsek Ternate Selatan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa beserta warga Kelurahan Fitu membawa pelaku ke polsek.

Kapolsek mengatakan, sebelum pelaku diamankan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu di RS Bhayangkara, karena pelaku dalam kondisi mabuk dan mengalami luka akibat pemukulan.

"Saat ini pelaku kami sudah amankan ke dalam sel tahana Mapolsek Ternate Selatan, kita juga tunggu pelaku sudah sadar dari kondisi mabuk dan bisa dimintai keteragan," tambahnya.(ier)


Reporter: Irfansyah Tawainella
Editor: Fauzan Azzam

BERITA TERKAIT