Home / Indomalut / Halsel
09 Juni 2019

Pemkab Halsel Dinilai Lupa Sejarah Pemekaran

Hatim Kailul

HALSEL OT - Hari ini, 9 Juni 2019, adalah hari bersejarah bagi seluruh warga masyarakat di Kabupaten Halmahera Selatan. Bagaimana tidak, tepat hari ini, 16 tahun lalu, prasasti dan Undang-Undang nomor 1 tahun 2003, tiba di daerah yang dikenal dengan sebutan Saruma itu, diarak keliling kota Labuha sebagai tanda resminya Kabupaten Halmahera Selatan sebagai daerah otonom baru.

Nanun sayangnya, Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) ke 16 tahun ini, tidak diperingati seperti tahun-tqhun sebelumnya. Pemkab Halsel, bahkan terkesan melupakan sejarah perjuangan pemekaran oleh segenap rakyat Halsel.

Hal ini, tentunya mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan di Halsel.Hatim Kailul, salah satu generasi muda di Halsel, memandang, tidak diperingatinya HUT Halsel, berarti Pemkba Halsel dalam hal ini  Bupati Halsel Bahrain Kasuba beserta jajarannya telah melupakan sejarah terbentuknya Kabupaten Halsel yang saat ini dipimpinnya.

Menurutnya, pemekaran Kabupaten Halsel melepaskan diri dari Kabupaten Maluku Utara tepatnya pada tanggal 9 Juni 2003. Bukanlah semata hadiah yang diberikan tanpa perjuangan dan pengorbanan para tokoh tokoh pejuang pemekaran. 

"Sejarah itu menjadi rahasia umum dan seantero jazirah Saruma tahu, proses pemekaran Halsel menguras energi dan materi," kataa Hatim, Minggu (9/6/2019).

Dikatakan, saat ini Halsel sudah masuk pada usia 16 tahun dan 3 kali pergantian kepimimpinan namun tepat pada tanggal 9 juni 2019 dimana hari bersejarah daerah ini dimekarkan manjadi Daerah Otonom baru, dilupakan oleh pemerintah daerah dibawah kepemimpinan BK-IS

Sebagai generasi muda Halsel, Hatim sangat prihatin dengan kondisi ini dan menilai Bupati Halsel Bahrain Kasuba seolah tidak menghargai jasa para pejuang pemekaran Halsel di jaman itu, diantaranya Yang Mulia Sultan Bacan Gahtal Adian Sjah sebagai tokoh pejuang pemekaran Halsel. 

Dia menegaskan, dengan tidak dilaksanakan upacara peringatan 16 tahun Kabupaten Halsel, sebagai bukti, Pemda Halsel telah melupakan sejarah besar yang pernah dicetuskan oleh para pejuang pemekaran.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokoler Setda Halsel saat dikonfirmasi terkait tidak dilaksanakannya Upacara HUT Halsel, hingga berita ini dipiblish, tidak memberikan penjelasan. ([email protected])


Reporter: Ikbal Bafagih