Home / Indomalut / Halsel

PDAM Targetkan 1000 MBR Terpasang Di Halsel

20 Mei 2022
Spanduk MBR

HALSEL, OT - Sebanyak 1000 sambungan PDAM akan terpasang di rumah-rumah warga yang berkategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di kabuapten Halamahera Selatan (Halsel), pada tahun 2023 nanti.

Bantuan hibah sambungan air bersih tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 2 Miliar yang diusulkan oleh PDAM Halsel.

Dirut PDAM Halsel, Soleman Bote, menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui PDAM, terus berupaya agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan layanan air bersih. Sejatinya, untuk mendapatkan layanan air bersih yang dikenakan biaya pemasangan sambungan. 

"Tetapi dengan program ini biaya tersebut disubsidi untuk warga MBR," ujar Soleman saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis, (19/05/22).

Dia mengatakan, program ini merupakan bagian dari upaya PDAM dalam mendukung program 100 persen layanan air bersih di Halsel.

Meski.demikian, dia mengaku program ini akan dilaksanakan secara bertahap dalam kurun waktu tiga tahun.

"Harapan kita di akhir 2023 mendatang, 100 persen warga Halsel telah mengakses udara bersih," sebutnya.

Suleman, menyampaikan, jumlah penerima bantuan hibah sambungan PDAM di Kecamatan Bacan 1000 buah. Setelah terhubung-sambungan air bersih terpasang semua, dirinya berharap masyarakat bisa memanfaatkannya secara efisien untuk kebutuhan sehari-hari. 

"Ini merupakan salah satu program kita untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," pungkasnya. 

Olehnya itu, warga yang nantinya akan menerima sambuang air MBR harus melengkapi persyaratan yang tertera dalam bener, spanduk dan pamplet yang suda kami sosialisasikan di masing-masing desa.

 


Reporter: Sahril Samad
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT