Home / Indomalut / Halsel

Hadiah HUT RI ke-76 Warga Obi Nikmati Listrik 24 Jam

Gamal : Awal Agustus Kita Mulai Operasikan Listrik 24 Jam di Laiwui dan Sekitarnya
19 Juli 2021
Manajer PT PLN (Persero) UP3 Ternate, Gamal Rizal Kambey

TERNATE, OT - Sebagai hadiah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 tahun 2021, warga Desa Laiwui Kecamatan Obi, akan menikmati listrik 24 jam.

Manajer PT PLN (Persero) UP3 Ternate, Gamal Rizal Kambey, ketika dikonfirmasi indotimur.com, melalui telepon selularnya mengatakan, mesin yang digunakan untuk melayani warga Kecamatan Obi, merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halsel dan PT. Harita Group.

Menurutnya, mesin yang digunakan untuk melayani masyarakat Laiwui dan sekitarnya, merupakan mesin dengan kapasitas 500 Kw yang didorong dari PLN Bobong.

Gamal menyatakan, saat ini mesin yang beroperasi di Laiwui masih dalam tahap commissioning test atau tes fungsi sehingga waktu operasional listrik di Laiwui masih 12 jam.

"Progresnya sampaI saat ini sudah beroperasi tapi masih dalam masa commissioning test atau tes fungsi mesin yang dilakukan sejak kemarin sore," kata Gamal, Senin (19/7/2021).

Mantan Kepala PLN cabang Bacan itu menjelaskan, karena statusnya masih commissioning test, maka operasionalnya masih 12 jam, "rencananya awal Aguatus baru kita resmikan operasional 1x24 jam," terang Gamal.

Dia menambahkan, untuk operasional listrik 24 jam di Laiwui, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan PLN wilayah dan Pemeeintah Daerah (Pemda) Halsel.

"Kita lagi persiapan (operasi 24 jam), harus ujicoba dulu, tidak bisa sekalian sejak kemarin, sudah dalam proes commissioning. Kemudian kita harus koordinasi dengan wilayah terkait dengan operasional mesin, termasuk BBM, serta lokasi dan hal-hal tekhnis lainnya," terang Gamal.

Meski demikian, Gamal memastikan, awal bulan depan, warga Obi sudah dapat menikmati listrik 24 jam, "ini sebagai kado atau hadiah untuk warga Obi pada perayaan HUT RI ke-76 nanti," tutup Gamal seraya memastikan awal Agustus nanti, pihaknya mulai melakukan tryout operasional listrik 24 jam.

Sebagaimana diketahui, mesin yang saat ini difungsikan untuk melayani warga Obi berkapasitas 500 Kw.

Keberadaan mesin, diharapkan bisa malayani kebutuhan listrik warga Kecamatan Obi khuaianya di Laiwui dan sekitarnya.

Diharapkan, mesin yang baru didatangkan dari PLN Bobong itu, mampu membackup mesin yang ada sehingga ada cadangan daya untuk mengoperasionalkan mesin 24 jam di kawasan tersebut.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT