Home / Indomalut / Halsel
13 Agustus 2019

45 KK di Desa Dolik Kabupaten Halsel Terima BSPS

Rapat penerima BSPS di kantor desa Dolik

TERNATE, OT - Sedikitnya 45 Kepala Keluarga (KK) di Desa Dolik, Kecamatan Gane Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) menerima Program Nasional Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Halsel.

Kepala Desa Dolik Iswadi Ishak menjelaskan, program BSPS merupakan program nasional dibawah Kementerian PUPR yang dikelola oleh Disperkim Halsel. “Untuk Desa Dolik, bantuan program BSPS dalam bentuk peningkatan rehabilitasi rumah yang diberikan ke 45 KK,” jelas Kades, Selasa (13/8/2019).

"Jadi BSPS ini bukan dibangun baru, oleh karena itu tenaga kerjannya diambil dari masyarakat desa Dolik sendiri," ujarnya.

Dikatakan, bantuan ini bentuknya stimulant maka pekerjaan nanti akan dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat. “Bantuan yang diterima per KK sebesar  Rp 17,5 juta," ungkap Kades.

Kades menjelaskan, prosedur pencairan bantuan pihak penerima harus membuka rekening di bank BRI cabang Labuha, kemudian ditransfer ke rekening tersebut sehingga bagi penerima langsung membeli bahan-bahan material, termasuk ongkos tukang.

Saat ini lanjut dia, pihaknya bersama masyarakat belum menentukan waktu pekerjaan karena masih menunggu sebagian masyarakat untuk membuka rekening. “Kita sudah lakukan pertemuan dan selanjutnya akan diadakan pertemuan lagi untuk membahas strategi pembangunannya seperti apa," katanya.

Atas nama Pemerintah Desa bersama masyarakat, Iswadi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, yang telah menyalurkan program BSPS kepada sebagian masyarakat Desa Dolik. (MG_02)


Reporter: Munawir Suhardi