Home / Berita / Citizen Journalist

Lagi, IKT Bangun Rumah Barifola Ke-222 di Ternate

16 Februari 2020
Ketua IKT bersama Sekretaris dan koordinator Barifola saat menyerahkan kunci rumah Barifola ke-222 kepada Keluarga Rusli Naser

TERNATE, OT - Ketua Ikatan Keluarga Tidore (IKT) Maluku Utara, H Burhan Abdurahman didampingi Sekretaris Umum, H Rizal Marsaoly dan koordinator Barifola, Syamsul, Sabtu (15/2/2020) malam, kembali menyerahkan kunci rumah Barifola ke-222 di Kelurahan Tabam Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Rumah Barifola ke-222 yang dibangun mujahid Barifola selama kurang lebih 5 (lima) hari itu, milik keluarga Rusli Naser.

Ketua IKT Malut, H Burhan Abdurahman sebelum menyerahkan kunci rumah Barifola ke-222, mengatakan, program Barifola yang mulai dilakukan sejak tahun 2008, merupakan sebuah gerakan kemanusiaan untuk membantu keluarga kurang mampu.

Progran ini, sudah merambah 9 (sembilan) Kabupaten dan Kota di Maluku Utara, "kita sudah membangun 221 rumah yang tersebar di berbagai Kabupaten dan Kota, mulai dari Morotai, Tobelo, Halbar, Tidore, Halteng, Haltim, Sula, Halsel dan malam ini di Ternate," kata ketua IKT yang juga Wali Kota Ternate.

Menurutnya, program ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan, kebersamaan dan kekeluargaan antara pengurus IKT dengan masyarakat, "selain itu, melalui program kemanusiaan Barifola, kita berharap, dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu," terang Burhan.

Menurutnya, salah satu esensi program Bafifola adalah membangkitkan kembali semangat gotong royong yang merupakan warisan para leluhur, "di era modern seperti sekarang, semangat gotong royong mulai berkurang, kita berharap, dengan program Barifola, semangat gotong rpyomg yang menjadi budaya nenek moyang kota, dapat terjaga dan terus berkembang," tuturnya.

Program kemanusiaan Barifola, lanjut Burhan, akan terus dilakukan oleh para mujahid dan pengurus IKT, "pada kesempatan ini, saya meminta seluruh masyarakat untuk terus mendoakan para mujahid agar tetap sehat, kuat agar program ini terus dilakukan," harapnya.

Usai menyerahkan kunci rumah Barifola ke-222, ketua dan sekretaris IKT bersama keluarga Rusli Naser meninjau rumah yang baru dibangun para mujahid Barifola.

Saat memasuki rumah baru, keluarga Rusli Naser langsung bersujud sebagai tanda rasa syukur atas rejeki yang diperoleh dari Allah SWT, melalui program Barifola.(thy)


Reporter: Ibenk