Home / Advertorial / Bappelitbangda

Wujudkan Batu Angus Sebagai Warisan Dunia, Pemkot Ternate Gelar Seminar Nasional

21 Juni 2022

TERNATE, OT - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate untuk menjadikan kawasan Batu Angus sebagai warisan geologi terus dimatangkan.

Selain telah dicatat pada Aspiring, warisan geopark Batu Angus juga telah diusulkan bersama IAGI dan Badan Energi dan Mineral Provinsi Maluku Utara ke Badan Geologi.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menyatakan, Pemkot Ternate telah menyiapkan semua dokumen kelengkapan untuk geopark Batu Angus Ternate.

Dia menyebut, Pemkot Ternate intens menjadikan Batu Angus sebagai warisan dunia. Salah satu upaya tersebut dilaksanakan Seminat Nasional Tata Kelola Geowisata untuk Mendukung Aspiring Geopark Ternate, di Villa Ria Ternate, Senin, (20/6/2022).

Seminar kali ini hanya ingin mendapatkan legitimasi dari Koordinator Sekretariat RAN Geopark Bappenas, Ketua MAGI–IAGI, Akademisi IAGI Maluku Utara.

.

Menurutnya, selaku Ketua Badan Pengelola Geopark, seminar ini penting dilakukan guna menambah narasi-narasi untuk memperkuat data-data kelengkapan dokumen, ”guna menunjang program tersebut, kami juga telah mempersiapkan sekretariat badan pengelola di Kantor Bappelitbangda Ternate," kata Rizal usai Seminar.

“Karena yang menjadi domain badan geopark nasional ada di Bappenas jadi Bappelitbangda Kota Ternate, juga terus bersinergi guna mendorong geowisata Batu Angus menjadi geopark nasional,” sambung Rizal.

Dia menjelaskan, jika diuji faktual maka geopark nasional bisa menjadi geopark Unesco atau mendunia.

Rizal menambahkan, ada tiga pilar yang harus diperhatikan untuk menuju geopark nasional, yakni edukasi, konservasi dan pemulihan ekonomi. Sehingga dari itulah bisa dikemas menjadi satu kekuatan geopark Ternate sebagai Pulau Gunung Api.

“Jika sudah mencapai predikat geopark nasional, maka ada kekuatan anggaran yang difasilitasi oleh Kementerian ESDM guna menjaga kelestarian warisan geologi dan konservasi yang mencapai miliar, bahkan triliun. Dan itu memang komitmen dari Unesco,” terangnya.

Wali Kota

Sementara Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman yang turur hadir mengatakan, meski Kota Ternate tidak memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) seperti pada Kabupaten lain, tetapi dibalik itu, Kota Ternate justru memiliki kelebihan lain yang unik yang tidak dimiliki daerah lain.

Keunikan itu, kata Tauhid yakni Ternate sebagai Kota jasa, Kota sejarah dan Kota rempah.

“Kita juga dikenal sebagai Kota rempah yang beberapa waktu lalu dikunjungi oleh muhibah jalur rempah dan juga geowisata Batu Agus yang sempat dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno,” ujar Wali Kota.

Menurut orang nomor satu di Pemkot Ternate ini, wisata Batu Angus menjadi nilai kekuatan pertama bagi Kota Ternate yang bersumber, dari geowisata Batu Angus.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT