Home / Advertorial / Bappelitbangda

Wali Kota Buka Kegiatan Forum OPD dan Musrembang Kota Ternate

23 Maret 2022
Wali Kota Ternate saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Ternate Tahun Perencanaan 2023 di ballroom Royal Resto Kalumpang (foto_ko_edo)

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Rabu (23/3/2022) membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Ternate Tahun Perencanaan 2023 di ballroom Royal Resto Kalumpang.

Kegiatan Forum OPD dan Musrembang Kota Ternate turut dihadiri, unsur Forkompimda Kota Ternate, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, para pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ternate, para Camat dan perwakilan Kelurahan serta unsur terkait lainnya.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam sambutannya menyampaikan, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD merupakan wadah yang disediakan Pemerintah bagi masyarakat, untuk dapat berpartisipasi secara lebih aktif dalam proses perencanaan pembangunan.

Menurutbya, Forum dan Musrenbang adalah agenda tetap yang dilaksanakan setiap tahun, dan memiliki makna strategis dalam menentukan arah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Ternate.

"Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan, dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2023, dan melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati Isu Strategis Pembangunan dan Prioritas Pembangunan," kata Wali Kota.

Wali Kota menuturkan, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, merupakan ajang musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana pembangunan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate.

Dikatakan, dalam Pasal 94 ayat (5) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD dan RPKD, bertujuan untuk:

  1. Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kecamatan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan;
  2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kecamatan;
  3. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kota Ternate.

Penyusunan RKPD Kota Ternate tahun 2023, lanjut Wali Kota, merupakan langkah strategis dan merupakan rangkaian terencana dari upaya membangun fundamental ekonomi daerah yang kuat, berbasis industri kreatif dan peningkatan produktivitas sektor unggulan.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu menambahkan, melihat hasil pembangunan yang telah dicapai, isu strategis pembangunan yang berkembang dan sasaran dalam RPJMD Kota Ternate, maka RKPD Kota Ternate tahun 2023 mengangkat tema “PENINGKATAN INFRASTRUKTUR DAN PERCEPATAN PEMULIHAN EKONOMI MELALUI DAYA SAING INDUSTRI KREATIF SERTA MENDORONG TUMBUHNYA UMKM DAN IKM”.

Hal ini sesuai dengan arah kebijakan pembangunan dan pentahapan dalam RPMJD Kota Ternate 2021-2026, yang menggambarkan bahwa program prioritas pembangunan tahun 2023, akan diarahkan pada:

  1. Peningkatan Infrastruktur Dasar;
  2. Pengembangan Iklim Usaha yang Kondusif serta Peningkatan Daya Saing Industri Kreatif, UMKM dan IKM;
  3. Mendorong Kemudahan Akses Pasar Bagi Masyarakat.

"Selain fokus pada 3 (tiga) program prioritas diatas, juga akan menjadi perhatian Saya dan Pak Wakil Walikota, untuk di tahun 2023, juga akan fokus untuk penanganan 11 (sebelas) program dari 14 (empat belas) program prioritas RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026, untuk memberi penguatan pada, Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Yang Profesional; Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik; Revitalisasi dan Penguatan Peran BUMD; Optimalisasi Sumber-Sumber Penerimaan Daerah; Industrialisasi Pengolahan Sampah Secara Partisipatif; Konservasi Sumber Daya Air; Perlindungan dan Pelestarian Cagar Budaya; Membangun dan Menghidupkan Entitas Keragaman Sosial Budaya Masyarakat; Literasi dan Mitigasi Kebencanaan; Pengembangan Kota Sebagai Pusat Informasi dan Konsolidasi Barang/Jasa; Revitalisasi dan Penataan Pola Ruang Kota Yang Berkelanjutan.

"RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026, merupakan dokumen perencanaan Pemerintah Kota Ternate, yang merupakan arah, pedoman sekaligus Kompas untuk memandu Perangkat Daerah, dalam merumuskan kebijakan 5 (lima) tahun kedepan," tutur Wali Kota.

Kebijakan-kebijakan yang telah dirumuskan tersebut, ujar Wali Kota, merupakan saripati dari sejumlah aspirasi dan isu-isu aktual, yang Saya dan Pak Jasri Usman dapatkan saat masa kampanye politik beberapa waktu yang lalu.

"Dan dalam APBD Tahun 2022 ini, beberapa program kegiatan strategis tersebut sudah terakomodir, dan siap untuk dilaksanakan pada beberapa Perangkat Daerah, antara lain:

  1. Penanganan Sampah Perkotaan Berbasis Partisipatif Masyarakat
  2. Pemulihan Ekonomi melalui Pemberdayaan Warung MAMA dan Om Ojek ANDALAN;
  3. Penanganan Air Bersih Perkotaan; dan
  4. Dukungan Pemerataan Pembangunan melalui Paduli BAHIM (Batang Dua, Hiri dan Moti).

Esensi dari semua kebijakan program yang nantinya akan didiskusikan dan dibahas pada Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Tahun 2023, adalah implementasi Visi dan Misi TERNATE ANDALAN, yaitu Mewujudkan Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan.

"Dan dalam pelaksanaan Forum dan Musrenbang ini, akan bermuara pada upaya mewujudkan sasaran, tujuan, target dan indikator ketercapaian visi dan misi tersebut agar lebih optimal pelaksanaannya," tukas Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota berharap, semua Perangkat Daerah, Para Camat, Para Delegasi dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk bersama-sama saling berkoordinasi dan berkomitmen, untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun melalui pelaksanaan Forum dan Musrenbang ini, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi.

"Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini, dalam proses penyusunan RKPD Tahun 2023, Saya minta kepada semua Pimpinan Perangkat Daerah, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian, Camat dan Delegasi, agar lebih fokus dalam pembahasan untuk menghasilkan program kegiatan yang lebih terarah, terukur, dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis dan permasalahan serta tantangan yang dihadapi," tegas Wali Kota.

Diakhir sambutannya, Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perangkat Daerah, Camat, Para Delegasi dan juga kepada semua pemangku kepentingan, yang telah ikut berpartisipasi mengikuti semua tahapan perencanaan yang telah dilaksanakan oleh Bappelitbangda, mulai dari Musrenbang tingkat Kelurahan sampai padapelaksanaan  Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate Tahun Perencanaan 2023 yang digelar hari ini.

"Akhirnya dengan ucapan Bismillahirahmanirrahim Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate Tahun 2023 pada Hari Rabu, Tanggal 23 Maret 2022, secara resmi Saya nyatakan dimulai," pungkas Wali Kota.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT