Home / Advertorial / Bappelitbangda

Tahun Depan, Pemkot Ternate Bangun Perpustakaan Daerah

21 April 2022
Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, berencana membangun perpusatakaan daerah yang representatif di Kota Ternate pada tahun 2023 mendatang.

Rencananya, bangunan perpustakaan daerah tersebut akan dibangun di kawasan Mangga Dua Kecamatan Ternate Selatan.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, untuk membangun perpusatakaan daerah yang representatif, Pemkot telah menyiapkan anggaran sebesar Rp, 10 miliar.

Meski demikian, dia belum dapat memastikan lokasi pembangunan gedung baca tersebut, "pembangunan perpustakaan daerah, rencana lokasi sementara di depan pelabuhan Semut Mangga Dua. Sebab, lokasi itu sangat luas namun nanti dilihat apakah mencukupi atau butuh ditimbun lagi," kata Rizal baru-baru ini.

Menurutnya, Pemkot Ternate akan menyiapkan lahan sementara juknis dan juklak akan diterbitkan pemerintah pusat melalui Kementerian.

Terpisah, Kepala Dinas Kearsipan Kota Ternate, Safia M. Nur mengaku, rencana pembangunan perpustakaan daerah sudah mendapat respon baik Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

"Karena itu, Pemerintah Kota Ternate harus punya lahan dan sudah harus bersertifikat agar pekerjaan pembangunan nanti tidak terganggu,” ungkap Safia.

Mantan Sekwan Kota Ternate itu menjelaskan  pembangunan perpustakaan daerah di Kota Ternate akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

“Sehingga pelaksanaan pembangunan perpusatakan daerah Kota Ternate baru akan dilakukan tahun depan," tutup Safia.

 (tima)


Reporter: Gibran
Editor: Fadli

BERITA TERKAIT