Home / Advertorial / Ayo Ke Ternate

Kawasan Belakang Bandara Bakal Dijadikan Objek Wisata Baru

28 Oktober 2022
Wali Kota Ternate saat berada di kawasan konservasi geopark di belakang bandara

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, berkomitmen untuk menjaga dan merawat kawasan konservasi batu angus sekaligus mendorong situs geopark diakui secara nasional bahkan ditetapkan sebagai warisan dunia.

Hal ini disampaikan Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman pada Jumat (28/10/2022) saat bersama sejumlah stakholder melakulan aksi bersih-bersih area destinasi geopark batu angus di Kelurahan Tubo, Kecamatan Ternate Utara. 

Kepada sejumlah wartawan, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan, Pemkot terus merawat konservasi geopark batu angus dan terus mendorong situs geopark agar diakui secara nasional  dan ditetapkan sebagai warisan dunia.

Untuk mewujudkan itu, sambung Wali Kota, butuh kerjasama, kolaborasi dan kerja keras semua pihak terutama unsur pemerintahan di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Untuk itu, Camat dan Lurah harus proaktif menjaga kebersihan lingkungan, terutama di kawasan wisata geopark Tubo, sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dirawat dan dijaga,” kata Wali Kota.

Sebagai Wali Kota, Tauhid meminta  Lurah dan Camat untuk mengawasi secara intens serta mensosialisasikan kawasan ini sebagai destinasi geopark, sehingga kedepan, tidak ada penambahan kawasan pemukiman di wilayah tersebut.

"Jangan sampai ada perambahan permukiman, karena bisa mengancam keindahan dan kelestarian geopark sebagai salah satu potensi wisata andalan di Kota Ternate," ungkap Wali Kota.

Untuk menjaga kawasan tersebut agar tetap bersih dan terawat, Pemkot Ternate akan melengkapi kawasan tersebut dengan solar cell atau lampu tenaga surya dan CCTV untuk memantau dan mengawasi kawasan tersebut.

"Kami akan memasang kamera CCTV di kawasan geopark batu angus, sehingga tidak ada lagi warga yang seenaknya membuang sampah secara sembarangan. Karena menjadi salah satu kawasan wisata yang harus dijaga kelestariannya," tambah Wali Kota.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu menambahkan, jika pengembangan kawasan geopark batu angus terealisasi, maka diharapkan dapat memberi kontribusi besar terhadap sektor pariwisata di daerah ini. 

"Setelah Batu Angus di Kulaba, Pemkot secara bertahap juga akan menata kawasan geopark di Kelurahan Tubo untuk dikembangkan sebagai objek wisata unggulan, tentu ini membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk masyarakat sekitar," pungkasnya.

 (tima)


Reporter: Gibran

BERITA TERKAIT