Home / Indomalut / Ternate
15 April 2019

Wali Kota Resmikan Kantor Bapelitbangda Dan Disdukcapil Kota Ternate

Wali Kota Ternate menandatangani prasasti kantor Bapelitbangda dan Disdukcapil Kota Ternate

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, Senin (15/4/2019) meresmikan dua gedung kantor yakni, kantor Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) serta kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ternate di jalan Cengkeh Afo Kelurahan Maliaro Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

Peresmian gedung Bapelitbangda dan Disdukcapil yang dipusatkan di kantor Bapelitbangda itu, turut dihadiri, unsur Forkompimda Kota Ternate, Wakil Wali Kota, Abdullah Taher, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Kepala Kantor Perwakikan Bank Indonesia, Dwi Waluyanto, para Rektor Perguruan Tinggi di Ternate, pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemkot Ternate serta tamu undangan.

Kepala Bapelitbangda Kota Ternate, Said Assagaf dalam laporannya menyampaikan, pembangunan gedung kantor Bapelitbangda Kota Ternate dibangun melalui APBD tahun 2018 dengan anggaran sebesar Rp, 5 milyar, "sedangkan untuk gedung kantor Diadukcapil, pemerintah bersama DPRD menganggarkan dana sebesar Rp, 5 milyar melalui APBD 2018," kata Said.

Pada lesempatan tersebut, Kepala Bapelitbangda juga menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mendorong sehingga pembangunan dua gedung kantor ini, selesai aesuai target waktu yang ditetapkan.

"Kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda Kota Ternate, Ketua dan unsur pimpinan DPRD Kota Ternate yang telah menyetujui pembangunan dua gedung kantor, "karena kedua gedung ini, sudah cukup lama, kondisi bangunannya butuh bangunan baru seiring dengan dinamika pembangunan," kata Said seraya menyampaikan penghargaan kepada seluruh pihak termasuk rekanan yang membangun dua gedung kantor.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman dalam sambutannya menyatakan, dengan gedung baru ini, diharapkan kedua SKPD yang memiliki tugas dan fungsi perencanaan dan pelayanan ini, mampu meningkatkan kinerja dalam pembangunan Kota Ternate.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu mengaatakan, peresmian dua gedung kantor yang dilaksanakan hari ini yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Pemkot dengan Perguruan Tinggi Unkhair, UMMU dan IAIN di Ternate.

"Ini pertanda bahwa, kedepan, Pemerintah Kota Ternate, harus lebih maju lagi dalam bidang penelitian, sudah harus dipikirkan dan dikaji semaksimal mungkin untuk melahirkan program pembangunan berbasis penelitian," kata Wali Kota.

Dia juga mengajak seluruh komponen untuk memberikan perhatian terhadap penelitian-penelitian melalui alokasi anggaran di Bapelitbangda, maupun di aektor-sektor lainnya, "Pemerintah daerah, dengan tugas dan tanggung jawab melakukan program-program dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, melalui berbagai urusan, baik wajib maupun urusan pilihan," tandas Wali Kota.

Persoalan yang dihadapi pemerintah, lanjut Wali Kota, tentu sangat kompleks, namun jika dilakukan melalui sebuah penelitian yang akurat, maka penanganan masalah tersebut akan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat sasaran sehingga memberikan dampak kepada masyarakat.

Wali Kota berharap, kerjasama antara Pemkot Ternate dengan sejumlah Perguruan Tinggi ini tetap berkelanjutan melalui kajian dan penelitian sebagai bahan Kemitraaan tetap berkelanjutan, melalui kajian implementasi 

Selain meresmikan kantor Bapelitbangda dan Disdukcapil, acara dirangkai dengan penandatanganan MoU bidang penelitian antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dengan Perguruan Tinggi di Ternate.(thy)


Reporter: Ibenk