Home / Indomalut / Taliabu
02 Mei 2019

Pemkab Pulau Taliabu Peringati Hardiknas

Bupati Taliabu saat menjadi Irup Hardiknas

TALIABU, OT – Pemerintah Kabupaten Pulau Taiabu, Maluku Utara (Malut) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan melaksanakan upacara bendera di lapangan Kota Bobong, Kamis (2/5/2019) pagi tadi.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus, dan dihadiri Forkopimda, pimpinan OPD di Pemkab Taliabu, para guru serta siswa-siswi. Dalam acar itu, Aliong juga memimpin pembacaan Pancasila

“Hari ini Tuhan masih memberkan kesempatan kepada kita untuk merayakan Hari pendidikan Nasional tahun 2019. Untuk itu kita sama-sama bermunajat kepada Allah SWT memanjatkan puji sukur kehadirat Allah yang maha pemura atas limpahan Rahmat dan karinia-Nya untuk kita kita dan seluru rakyat Indonesia khususnya di Pulau Taliabu. Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari kelahiran Ki Hadjar Dewantara," ujar  Aliong saat menyampaikan sambutan Mendikbud, Muhadjri Effendy.

Ia berpesan, di Hardiknas ini agar para pengajar mengawasi perilaku dan sikap peserta didik di tengah-tengah perkembangan teknologi yang pesat. Meski begitu, para guru juga diminta untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat ajar yang berkualitas.

Sebab, perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. “Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat," jelas Muhadjir dalam sambutannya yang dibacakan Aliong.

Dia berharap, semua sekolah dan tempat pendidikan dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Selain itu, para guru bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi tanpa melupakan budaya Indonesia. “Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru guna menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat," ucapnya.(MG_01)


Reporter: Iskandar Mansur