25 September 2017

Tahun Depan, Warga Kecamatan Hiri Nikmati Internet Gratis

Thamrin : Moti Dan Batang Dua Menyusul

Kepala Diskomsandi kota Ternate, Thamrin Marsaoly

TERNATE, OT – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate, tahun depan, akan menyediakan fasilitas internet gratis bagi maayarakat yang mendiami Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara.

Penyediaan layanan internet gratis bagi masyarakat Hiri, merupakan bentuk komitmen Pemkot dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang berada di luar pulau Ternate.

Kepala Diskomsandi kota Ternate, Thamrin Marsaoly, kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.news, mengatakan, program internet gratis pada sejumlah wilayah di luar pulau Ternate, merupakan implementasi dari program “Ternate Smart Island” yang digagas Pemkot Ternate.

“Internet Untuk Rakyat (IKRA) atau internet gratis merupakan bagian dari penunjang program Smart Island Pemkot Ternate melalui Diskomsandi. Program ini diwujudkan, semata-mata untuk memberikan layanan internet gratis bagi masyarakat yang berada di kota Ternate,” ungkap Thamrin.

Dia mengatakan, untuk tahap pertama, pihaknya telah memasang 5 spot internet gratis di kawasan kota Ternate dan tahun depan, Diakomsandi telah menetapkan program ini akan ditingkatkan pada 3 pulau di luar pulau Ternate.

“Intinya, internet gratis ini merupakan sebuah program untuk menginterintegrasikan pulau-pulau di luar Ternate dengan ibukota sehingga dapat dipastikan, tahun depan, warga di Kecamatan Hiri dapat menikmati fasilitas internet gratis,” tutur Thamrin Senin, (25/9/2017) di ruang kantornya.

Tahun ini, kata Thamrin, Diskomsandi telah mengusulkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, untuk mengadakan fasilitas internet gratis pada sejumlah kawasan di kota Ternate termasuk Kecamatan Hiri, Moti dan Batang Dua.

“Tetapi ini dilakukan secara bertahap, di Ternate kita sudah pasang 5 spot internet gratis, tahun depan kita fokus pada tiga pulau yakni Hiri, Moti dan Batang Dua,” tukas Thamrin.

Mantan Camat Ternate Tengah itu menambahkan, untuk wilayah kota Ternate, dari 5 titik yang ditetapkan, baru 2 titik yang aktif, “itu karena sampai saat ini pihak Telkom belum mengaktifkan 3 titik lainnya, yakni di pers room kantor wali kota, swalayan TaraNoAte dan kawasan pasar sayur Gamalama” ujar Thamrin sembari menyebut, di Taman Toboko dan area Dinas Pariwisata, sudah aktif.

Sebelumnya, Wali Kota Ternate, Dr H Burhan Abdurahman saat menutup Festival Hiri belum lama ini, menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, terus berupaya menyediakan kebutuhan masyarakat kota Ternate, termasuk di Hiri, Moti dan Batang Dua.

Sebagai bentuk komitmen atas kebijakan pembangunan di wilayah kota Ternate, orang nomor satu di Pemkot Ternate itu, berjanji untuk menyediakan fasilitas internet gratis bagi warga di Kecamatan Hiri.(thy)


Reporter: Ibenk