11 Oktober 2017

Tahun Depan, Ternate "Dikepung" Internet Gratis

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Thamrin Marsaoly

TERNATE, OT - Untuk mewujudkan Ternate Smart City, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskomsandi), memprogramkan Internet Untuk Rakyat (IKRA) atau internet gratis pada sejumlah titik di kota Ternate.

Selain dalam wilayah pulau Ternate, program IKRA juga merambah tiga pulau terluar, yakni pulau Hiri, Moti dan Batang Dua.

Kepala Diskomsandi kota Ternate, Thamrin Marsaoly kepada indotimur.com, Rabu (11/10/2017) di ruang kantornya menyebutkan, pada tahun ini, pihaknya telah memasang layanan internat gratis di 6 titik dalam wilayah kota Ternate.

"Tahun ini, kita sudah pasang 6 titik internet untuk rakyat, nanti akan ditambah lagi 4 titik, semua itu di ruang-ruang publik. Ini dilakukan untuk mendukung program Ternate Smart City, yang telah dicanangkan pemerintah" ujar Thamrin sembari menyebut titik-titik yang telah dipasang spot internet gratis.

Menurutnya, pemasangan internet gratis untuk wilayah Kecamatan Pulau Ternate, belum bisa dilakukan secara merata, sebab hingga saat ini, jaringan Telkom belum masuk ke wilayah itu. "Kita berharap tahun depan jaringan Telkom sudah masuk ke wilayah-wilayah seperti Sulamadaha, Togafo, Taduma sampai Kastela, sehingga masyarakat bisa mengakses internet gratis di kawasan-kawasan wisata," katanya.

Thamrin menambahkan, selain di pulau Ternate, program internet gratis juga akan dipasang pada tiga pulau di luar Ternate, "Hiri, Moti dan Batang Dua juga akan dipasang, hanya saja itu akan dilakukan secara bertahap," imbuhnya.

Pemasangan internet di pulau Hiri, Moti dan Batang Dua, kata Thamrin, akan menggunakan radio sistem. "Jadi nanti kedepan, Pemkot akan menyewa provider guna menyediakan layanan internet gratis, sebab Telkom selaku penyedia layanan internet, masih menggunakan sistim kabel," terangnya.

"Karena jika menggunakan layanan kabel, maka otomatis pihak Telkom belum bisa menjangkau, untuk itu, sistim radio ini dinilai mampu menjangkau daerah-daerah terluar," ungkap Thamrin.(thy)


Reporter: Ibenk