Home / Indomalut / Tidore
10 Februari 2019

Peringati HPN 2019, Sekda Tidore Silaturahim Bersama Wartawan

Sekda Bersama Pers (Foto: Humas)

TIDORE, OT- Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Tikep mengagendakan pertemuan silaturrahim antara Wartawan Liputan Tidore yang terhimpung dalam Komunitas Wartawan Tidore Kepulauan (Kwatak) dengan Sekertaris Daerah Kota Tidore Asrul Sani Soleiman, di RM. Safira Beach, Kelurahan Goto, Kecamatan Tidore.

Ketua Kwatak Mardianto Musa Altaran mengatakan, dimasa kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen ini, ada beberapa hal yang perlu disempurnakan mengenai keterbukaan informasi publik.

Dia berharap, kepada Sekertaris Daerah Kota Tikep agar dapat menginstruksikan Pimpinan-Pimpinan SKPD untuk tidak menutup ruang jika dikonfirmasi oleh wartawan mengenai masalah yang dihadapi di daerah ini, sehingga dengan begitu wartawan juga tidak kesulitan memperoleh informasi untuk disajikan kepada khalayak publik.

“Terkadang kami merasa terkendala memperoleh informasi mengenai sejumlah masalah yang berkembang di Tidore, karena masih banyak kepala-kepala dinas yang sulit sekali dikomunikasikan, padahal itu menjadi tanggungjawab mereka untuk menjelaskan sehingga masalahnya menjadi terang dan jelas dihapan publik,” pungkasnya.

Sementara Sekda Tidore Asrul Sani Soleiman menegaskan, untuk menjaga keharmonisan Pers dengan Pemerintah perlu adanya keterbukaan informasi publik, olehnya itu kedepan Sekda berkeinginan agar informasi yang keluar dari pemerintah daerah kota Tikep sifatnya harus satu pintu, dan itu langsung disampaikan oleh Pimpinan SKPD, tidak boleh melalui kepala Bidang atau kepala seksi, hal itu dilakukan agar tidak terjadi perbedaan persepsi dalam satu kebijakan.

Kata dia, Lagipula pimpinan SKPD merupakan penanggungjawab dari setiap kebijakan yang dilakukan, sehingga penting bagi pimpinan SKPD untuk tampil menyelesaikan masalah yang berkembang.

“Saya minta agar dalam waktu singkat Kabag Humas segera menyiapkan ruang Media Center untuk kita agendakan pertemuan dengan pers, dan yang ke dua, kapan saja dan dimana saja silahkan wartawan menghubungi saya untuk kita saling komunikasi, pintu saya selalu terbuka untuk wartawan, karena saya tau bahwa media merupakan unjung tombak untuk memberikan pembaharuan kepada masyarakat kaitan dengan pelaksanaan kebijakan pembangunan di daerah ini,” tegas Sekda dihadapan kepala Bagian Humas Kota Tikep Azis Hadad.

Lanjut Sekda, insan pers merupakan mitra kerja dari pemerintah untuk memberikan penyebarluasan informasi, dan edukasi kepada masyarakat. Dia berharap, kepada Kwatak agar bisa bersama-sama dengan Pemerintah untuk menjaga keharomisan dalam mencerdaskan masyarakat.

Sekda juga memberi apresiasi kepada Kwatak, karena selama ini sudah memberi informasi yang bersifat konstruktif mengenai pembangunan di Kota Tidore Kepulauan.

“Kita berharap Pers dan Pemerintah selalu bersinergi untuk memberi edukasi dan informasi yang akurat, sehingga dapat mencerdaskan masyarakat, olehnya itu apabila ada hal-hal yang kurang dari pemerintah perlu kiranya untuk diconfirmasi telebih dahulu mengenai persoalan yang ada, sehingga informasi yang nantinya disajikan kepada masyarakat bisa bernilai positif,” tuturnya.

Kegiatan silaturrahim itu juga dihadiri oleh Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri (Kasi Intel Kejari) Soasio Safri Abd. Muin, beserta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang diwakili oleh Mantan Kasatpol PP Kota Tikep, Abdullah Ahmad.(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"