Home / Indomalut / Tidore
23 Oktober 2018

Pemda Tikep Kerjasama Dengan LAN RI Lakukan Sosialisasi dan Monev Di Tidore

Sosialisasi dan Monitoring

TIDORE, OT- Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Kepemimpinan dan Monitoring Inovasi ( monev), bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah  Kota Tikep.

Kedatangan Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Seno Hartono beserta rombongan di terima langsung Sekretaris Daerah Kota Tikep Thamrin Fabanyo di Ruang Rapat Wali Kota, Selasa (23/10/2018)

Kegiatan ini difokuskan pada Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan daya Saing Daerah (Program Prioritas Nasional 2018)

Sekda Thamrin Fabanyo menyampaikan Pemda Tikep kembali secara khusus mendapat kunjungan sekaligus pendampingan dari LAN RI dalam melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan inovasi di Kota Tikep, untuk itu diinstruksikan kepada seluruh Perangkat Daerah agar proaktif dalam pelaksanaan setiap Monitoring ini, karena pentingnya pemantauan aktivitas rencana aksi inovasi ini sampai pada rencana inovasi terwujud.

"Jika terdapat kendala teknis pada setiap Rencana aksi Inovasi agar dapat segera dicari solusinya," ucapnya.

Kata dia, Pemda Tikep mendapat undangan dari LAN RI untuk mengikuti kegiatan Forum Replika Inovasi Tahun 2018 pada Tanggal 30 Oktober 2-18 dan Kota Tikep juga akan menerima penghargaan Inagara award sebagai Pemerintah daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi administrasi negara melalui Laboratorium Inovasi LAN.

Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Seno Hartono menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemerintah Kota Tikep dalam melakukan inovasi yang tujuannya untuk meningkatkan pelayan publik yang optimal.

"Kota Tikep merupakan salah satu  daerah yang akan mendapat penghargaan Inagara Award yang dilaksankan oleh LAN RI dengan indikator yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Lanjutnya, Tujuan dari Monitoring Inovasi adalah untuk melaksanakan penelaahan, pengkajian dan pengembangan inovasi kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur, evaluasi pelaksanaan program inovasi kelembagaan sehingga pembangunan di Indonesia dapat terlaksana dengan baik melalui inovasi kelembagaan baik dari pusat dan daerah serta seluruh ASN.

Sementara, Deputi Inovasi Administrasi LAN RI Tri Widodo menyampaikan paparan tentang kepemimpinan inovatif untuk Implementasi Inovasi Kota Tikep.

Turut hadir   rombongan LAN RI Kepala Bagian Administrasi Pusat Inovasi Kelembagaan dan sumber Daya Aparatur (SDA) Niken Andoniani, Peneliti Madya agustinus Sulistyo, Peneliti Ladiatno Samsara, Pengelola Data dan Informasi hasil kajian Ana Lestari, Pengelola Kajian Metha Claudia Silitongadan Pengelola Keuangan Yuniati dan Seluruh SKPD di Lingkup Pemerintah Kota Tikep.(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"