Home / Indomalut / Tidore

2019, Pemda Kota Tikep Fokus Pemberdayaan Ekonomi dan Pengembangan Sektor Unggulan

15 Maret 2018
Musrenbang RKPD Tikep

TIDORE, OT- Wakil Wali Kota (Wawali) Tidore Kepulauan (Tikep) Muhammad Sinen membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah  (Musrenbang RKPD) Kota Tikep Tahun 2019 di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota, Kamis (15/3/2018).

Muhammad Sinen mengatakan, Musrenbang merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menyusun RKPD Kota Tikep sekaligus sebagai landasan dalam penyusunan KUA - PPAS dan APBD Tahun 2019.  

Kata dia, pada perencanaan pembangunan Tahun 2019 yang merupakan tahun keempat masa kepemimpinan Wali Kota Capt. Ali Ibrahim dan dirinya, maka sebagaimana yang telah tercantum dalam dokumen RPJMD periode 2016-2021 bahwa tema pembangunan dan arah kebijakan daerah pada tahun 2019 yaitu, Pemberdayaan Ekonomi dan Pengembangan Sektor Unggulan.

Dirinya mengatakan, Pemberdayaan ini diarahkan guna meningkatkan ekonomi masyarakat secara produktif sehingga mampu menghasilkan nilai tambah yang tinggi dan pendapatan yang lebih besar.

"Upaya peningkatan kemampuan untuk menghasilkan nilai tambah yang akan dilakukan melalui perbaikan akses petani, nelayan dan usaha kecil terhadap empat hal, yaitu akses terhadap sumber daya dan modal, akses terhadap teknologi, akses terhadap pasar dan akses terhadap permintaan," ucap dia.

Lanjutnya, pemberdayaan ini bertujuan untuk memperkuat pencapaian visi Terwujudnya Kemandirian Kota Tidore Kepulauan Sebagai Kota Jasa Berbasis Agro-Marine.

 Sementara, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kota Tikep Marwan Polisiri mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian dari Permandagri 86 Tahun 2017.

Menurutnya, Musrenbang RKPD dimulai dari Konsultasi Publik, lalu Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan, Kemudian dilanjutkan dengan Forum OPD dan hari ini kita laksanakan Musrenbang RKPD.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 sampai dengan 17 maret 2018 ini melibatkan peserta sebanyak 150 orang. Dalam rancangan RKPD, kurang lebih 363 program dan 2.825 kegiatan.

Disela-sela pembukaan kegiatan ini juga dilaksanakan Lounching Buku dengan judul “Anak Pinggiran” yang ditulis oleh Marwan Polisiri, buku ini menceritakan tentang Kehidupan dan perjalanan karir sosok Wakil Wali Kota, Muhammad Sinen atau yang biasa disapa dengan Ayah Erik.

Turut Hadir pada kegiatan ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil Ketua TP PKK, Para Staf Ahli, Asisten Setda, Anggota DPRD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Stakeholder yang lain.(Ryn)


Reporter: M. Ar Rayyan

BERITA TERKAIT