Home / Indomalut / Ternate
15 April 2019

Wali Kota Ternate Resmikan Gedung SPAM Di Ternate

Walikota Ternate saat menggunting pita tanda peresmian gedung SPAM

TERNATE, OT - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman, Senin (15/4/2019) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kelurahan Ngade Kecamatan Ternate.Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Peresmian SPAM yang dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Maluku Utara berkaloborasi dengan Pemerintah Kota Ternate serta Tirta Dharma yang mengelola SPAM di wilayah Kota Ternate 

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman mengatakan, Pemerintah Kota telah meresmikan SPAM, program dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang dikelola oleh BPPW Malut hingga langsung melakukan serah terima kepada Pemkot Ternate, 

Menurutnya, program ini mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 45 milyar guna memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Ternate.

"Karena selama ini pengelolaan air bersih masih sangat minim, terkendala pada sumber air baku yang masih terbatas, maka Kementerian melalui Balai mencoba untuk mengelola air dari danau Laguna di Kelurahan Ngade untuk mengatasi kekurangan pelayanan air bersih di Kota Ternate," ungkap Wali Kota.

Dia berharap, pasca peresmian, pengelolaanya mampu mengatasi persoalan air bersih di Kota Ternate, "dengan adanya SPAM ini maka PDAM akan menyesuaikan saja untuk dapat meningkatkan pelayanan air bersih. Dengan kehadiran SPAM tentu sangat membantu pelayanan air bersih kepada masyarakat," harapnya.

Wali Kota berharap, semua pihak untuk bersama-sama merawat dan menjaga, sebab sistim program ini sangat canggih, dimana semua penggelolaan SPAM menggunakan konektivitas komputer, sehingga perlu perawatan dan pemiliharaan yang serius.

"PDAM akan berperan aktif untuk menempatkan petugas yang betul aktif  dan bisa memahami serta bertetap di tempat ini karena sistem pengelolaan SPAM ini sangat canggih sebagian besar sistemnya menggunakan elektronik maka orang yang betul pahami sistemnya," harap Wali Kota.(red)


Reporter: Randy Basri