Home / Indomalut / Ternate
11 April 2019

Wali Kota Minta Semua Pihak Memiliki Kepedulian Terhadap.Persoalan Sampah

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman

TERNATE, OT  - Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman meminta semua pihak.untuk bersama-sama menanggulangi persoalan sampah di Kota Ternate.

Dalam.sebuah acara sosialisasi, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate itu mengaku, persoalan sampah di Kota Ternate tidak pernah berhenti atau tidak akan habis sebab jika sebuah kota berkembang, maka sejumlah persoalan akan muncul, teemasuk soal sampah.

"Untuk itu, penanganan sampah ini perlu peran semua pihak dan dibuthkan inovasi serta pengembangan sampah," kata Wali Kota saat menghadiri sosialisai pengembangan bank sampah melalui infrastruktur hijau, di aula RRI Ternate, Kamis (11/4/2019).

Burhan mengatakan, penanganan sampah di Ternate masih terkendala terutama sampah yang muncul dari aliran sungai, "ini hal yang sangat berat untuk diatasi, karena setiap turun hujan mengakibatkan banjir, selain itu, tumpukan sampah akan mengalir ke laut sehingga mencemarlan laut,," kata Wali Kota.

Selain sampah di aliran sungai, lanjut Wali Kota, sampah di lingkungan Kelurahan dan perkotaan juga memerlukan penanganan yang bisa memberikan nilai tambah, "salah satunya adalah melalui bank sampah, di banyak daerah bank sampah sudah berjalan baik sementara di Ternate baru beberapa tempat belum secara keseluruhan sehingga penanganan sampah belum terlalu maksimal," ungkap Burhan.

Dia berharap melalui sosialisasi ini, paling tidak dapat memberikan pemahaman dan wawasan.untuk memulai upaya-upaya penanggulangan masalah sampah di.Kota Ternate. "Yang paling penting bagi saya ketika mengatasi masalah sampah ini adalah masalah lesadaran masyarakat yang paling pokok karena pemerintah dalam hal ini SKPD dan stekholder yang berkaitan langsung dengan masalah sampah terus melakukan sosialisasi menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat sehingga kesadaran yang tinggi dangat membantu dalam penyelesaian masalah sampah di Ternate," ujar Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota jugaenyampaikan apresiasi atas bantuan bank sampah yang diserahkan oleh Direktur Persampahan Kementerian Lingkuhan Hidup dan Kehutanan RI, Novrizal Tahar.

"Saya berharap, bantuan seperti ini terus berlanjut di waktu yang akan datang karena Pemkot Ternate masih kekurangan bank sampah apalagi.dengan kemampuan keuangan daerah kita, dalam mengatasi masalah persampahan ini sangat terbatas," tutup Wali Kota. (thy)


Reporter: Ibenk