Home / Indomalut / Ternate
15 Desember 2018

Wakil Wali Kota Ternate Launching Ekspo Dukcapil GISA

Wakil Walikota Ternate H Abdullah Taher Melaunching Ditandai Dengan Pemberian Kartu Kepada Anak Yatim

TERNATE, OT  - Wakil Wali Kota Ternate H. Abdullah Taher, Sabtu (15/12/2018) melaunching ekspo Dukcapil, Gerakan Indonesia Sadar Admistrasi Kependudukan (GISA) tingkat Kota Ternate tahun 2018 di lingkungan Belton Kelurahan Jati Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Pelaksanaan Expo Dukcapil dan Launching Gerakan Indonesia Sadar Admistrasi Kependudukan merupakan rangkaian Hari Jadi Ternate (HJT) ke-768, hasil kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Bank BRI, BPJS Kesehatan, PT.Telkomsel serta Satlantas Polres Ternate.

Wakil Wali Kota Ternate, H Abdullah Tahir dalam sambutanya mengatakan, pada HJT tahun 2018, Kota Ternate terus menunjukan keramahannya terhadap warga penduduknya melalui berbagai momentum yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ternate untuk membahagiakan masyarakatnya.

Pemerintah Kota, kata Wawali, selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik sebagai bentuk tanggung jawab dalam pemenuhan hak-hak sipil warga Negara. "Salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu Exspo Dukcapil yang dirangkaikan dengan Launching Gerakan Indonesia Sadar Admistrasi Kependudukan Tingkat Kota Ternate," kata Wawali.

Menurutnya, Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan merupakan sebuah upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien, serta Negara yang memiliki daya saing, sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah diubah dengan Undang-Undang nomor 24 Tahun 2013.

"Sebuah gerakan ini untuk membangun ekosistem pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, yang kemudian akan terwujud dalam 4 hal yakni, kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, kesadaran akan pentingnya pemanfaatan data kependudukan, kesadaran akan pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan kesadaran akan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat," tutur Wawali dalam sambutannya.

Orang nomor dua di Kota Ternate itu menuturkan, bagi Kecamatan dan Kelurahan di Kota Ternate yang ditetapkan sebagai Kecamatan dan Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan, patut berbangga karena terpilih sebagai Kecamatan dan Kelurahan Percontohan Sadar Administrasi Kependudukan di Kota Ternate.

"Ini menjadi sprit untuk menggalang seluruh warga masyarakat membangun budaya tertib administrasi yang ditunjukkan dengan meningkatnya cakupan kepemilikan dokumen Kependudukan di Kecamatan dan Kelurahan tersebut dan sebagai contoh untuk Kecamatan dan Kelurahan Iainnya," tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wawali menginstruksikan kepada para Camat dan Lurah untuk segera menyelesaikan target cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di masing-masing wilayah kerjanya.

"Bangun sinergi yang baik dengan Dukcapil Kota Ternate, serta berdayakan para ketua RT, RW, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat untuk melacak dan menemukan warganya yang belum melakukan perekaman KTP-el serta belum memiliki dokumen kependukan dan akta pencatatan sipil," tegas Wawali.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan salah satu wujud dari Gerakan Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan yang menjadi salah satu poin penting Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan. "Kedepan semua OPD sudah harus bisa mengakses data kependudukan secara online ke Dukcapil untuk kebutuhan pelayanan dan perencanaan pembangunan," tutupnya. (red)


Reporter: Randy Basri