Home / Indomalut / Ternate
16 Mei 2018

Tindak Lanjut Edaran Wali Kota, Aparatur Kelurahan Gamalama Lakukan Inspeksi

Aparatur Kelurahan Gamalama

TERNATE, OT - Menindak lanjuti surat edaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, serta pertemuan antara Pemkot Ternate, pihak Kepolisian dan TNI pada Selasa (15/5/2018) kemarin, aparatur Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Rabu (16/5/2018) siang, langsung melakukan inspeksi sekaligus sosialisasi terhadap pemilik tempat usaha hiburan, diskotik, pemilik kos-kosan, hotel dan penginapan di wilayah Kelurahan Gamalama.

Inspeksi sekaligus sosialisasi terhadap Edaran Wali Kota Ternate, nomor : 331.1/35/2018, dipimpin langsung oleh Lurah Gamalama, Ichsan Muhammad bersama Babinkamtibmas, Babinsa, perangkat Kelurahan serta ketua-ketua RT di Kelurahan Gamalama.

Lurah Gamalama, Ichsan Muhammad, kepada indotimur.com, menjelaskan, inspeksi yang dilakukan pihak Kelurahan dengan mendatangi tempat-tempat usaha hiburan, diskotik, kos-kosan serta hotel dan penginapan di Gamalama merupakan langkah untuk menciptakan keahrmonisan serta sikap toleransi umat beragama jelang bulan Ramadhan, di Kota Ternate lebih khusus di wilayah Kelurahan Gamalama.

Kata dia, inspeksi ini memiliki dua tujuan. Pertama, sosialisasi edaran Wali Kota, karena memang banyak tempat usaha hiburan, hotel, cafe dan rumah makan, belum mendapat surat edaran tersebut, kemudian yang kedua, kita juga sosialisasi terkait kondisi keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Ternate.

Lurah Gamalama, Ichsan Muhammad menambahkan, untuk pemilik usaha hiburan, rumah makan, restoran dan cafe, sesuai edaran Wali Kota, diminta untuk sementara, menutup tempat usaha sampai sore hari, sehingga tidak mengganggu warga yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Untuk pemilik usaha hiburan kemudian rumah makan, restoran dan cafe, diminta untuk menutup sementara aktifitas pada siang hari dan baru dapat dibuka pada pukul 16:00 atau jam 4 sore hingga masuk waktu imsak atau subuh," kata Lurah.

Ditambahkan, untuk pemilik usaha hotel, penginapan dan kos-kosan, diminta untuk selektif dalam memeriksa identitas tamu yang menginap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Kita minta semua pihak untuk menaati Surat Edaran Wali Kota yang telah disampaikan dan untuk pengelola hotel, penginapan dan kos-kosan, kita minta untuk lebih teliti dan cermat untuk memeriksa identitas tamu, utamanya pemilik kos-kosan" ujar Ichsan seraya meminta RT dan RW intens melakukan pengawasan di lingkungan masing-masing.

Inspeksi yang dilaksnakan hari ini, sambung Lurah, merupakan agenda rutin yang akan terus dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi warga di Kelurahan Gamalama.

"kegiaatan ini rutin akan dilaksnakan, kami juga menjalin kebersmaan dengan TNI/Polri dalam hal ini Babinsa serta Babintikmas yang bertugas di Kelurahan Gamalama, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," pungkasnya.(thy)


Reporter: Ibenk