Home / Indomalut / Ternate
06 Desember 2018

Sebuah Rumah dan 14 Kamar Kos di Kota Ternate Ludes Terbakar

Warga dan petugas Damkar berusaha memadamkan api

TERNATE, OT - Sebuah rumah dan 14 kamar yang diketahui milik Titin Mulyono warga  RT.05/ RW.03 Kelurahan Tanah Raja Kecamatan Ternate Tenggah Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (6/12/2018) hangus terbakar.

Informasi yang dihimpun indotimur.com di lapangan menyebutkan, sekitar pukul 12.14 WIT, kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah milik Titin Mulyono dan sebuah bangunan dengan 14 kamar kos di kawasan Tanah Raja hangus dilalap si jago merah.

Yulianti Mulyono, salah seorang anak pemilik rumah mengaku, saat kebakaran terjadi, dia masih berada dalam rumah.

Melihat api membakar kios dan rumahnya, Yulianti lantas berteriak meminta pertolongan. Warga sekitar yang mendengar langsung melakukan berbagai upaya pemadaman dengan menggunakan peralatan seadanya, namun karena bangunan yang terbuat dari papan, api dengan cepat menjalar ke bagian dalam rumah.

Adil Sahril, salah satu saksi mata menuturkan, api bermula saat sebuah mobil tanki BMM jenis minyak tanah milik PT. Maluku Indah sedang melakukan pengisian pada kios salah satu pengecer minyak tanah di Tanah Raja.

Saat melakukan pengisian, secara tiba-tiba selang mobil tanki yang sedang mengisi BBM jenis minyak tanah itu terlepas, sehingga minyak tanah tumpah dan membasahi sejumlah bagian rumah dan kios.

Meski salah seorang karyawan Maluku Indah sudah berupaya menutupi kran pompa minyak di mobil, namun banyak minyak yang tumpah termasuk di bagian bawah mesin pompa.

Saat terjadi percikan api di bagian bawah pompa, api langsung menyebar dengan cepat mengikuti selang minyak yang mengarah ke kios, sehingga membakar kios yang berisi bahan bakar minyak tanah dan merembet ke rumah dekat kios.

Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan sedikitnya 7 unit armada Damkar untuk membantu melakukan upaya pemadaman agar api tidak merembet ke bangunan-bangunan di sekitarnya.

Kepala Bidang Operasional Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ternate, Naim Syafar, kepada indotimur.com mengatakan, pihaknya mendapat laporan warga Tanah Raja, sekitar pukul 12:10 waktu setempat.

Mendapat laporan warga, dengan cepat, pihak Damkar mengerahkan 7 armada Damkar dengan 60 personil ke lokasi kebakaran untuk membantu warga dalam upaya memadamkan api, sebab lokasi kebakaran berada di kawasan padat penduduk.

Dalam kejadian tersebut, satu karyawan PT Maluku Indah mengalami luka bakar, karena berupaya melakukan pemadaman. Selain itu, kerugian materil dalam kebakaran itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Hingga berita ini dipublish, Polisi telah memasang garis Polisi untuk kepentingan penyelidikan, sementara korban luka bakar tengah dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) Ternate. (red)


Reporter: Randy Basri