Home / Indomalut / Ternate
19 Juli 2018

Ini Respon Pemkot Ternate Terhadap Tuntutan FPPB

Kabag Pemerintahan Kota Ternate, M Qufal

TERNATE, OT - Menanggapi tuntutan Front Pemuda Peduli Batang Dua (FPPB), Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Bagian Pemerintahan Setda Kota Ternate, langsung merespon dengan melakukan pemanggilan terhadap Camat Pulau Batang Dua, guna mengklarifikasi laporan masyarakat melalui KNPI Kecamatan Pulau Batang Dua beberapa waktu yang lalu.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan, M Qufal kepada indotimur.com, mengatakan, setelah dipanggil, Camat telah menyampaikan klarifikasi dan menyatakan bahwa tidak benar laporan yang menyebutkan, pelayanan oleh pemerintah Kecamatan Pulau Batang Dua dialihkan di sekretariatnya yang ada di Kota Ternate.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, kata Qufal melalui Wakil Wali Kota bahkan telah memerintahkan ke Camat Batang Dua untuk melakukan aktifitas pelayanan di Kecamatan Pulau Batang Dua, "harus berjalan dengan baik sehingga tidak menggangu atau menghambat urusan masyarakat, berkaitan dengan pelayanan-pelayanan dasar masyarakat," kata Qufal.

Selain itu, kata Qufal, Wakil Wali Kota memerintahkan untuk menindak tegas kepada aparatur Kecamatan maupun Kelurahan yang tidak menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai ASN di Kecamatan Pulau Batang Dua.

"Aktifitas pelayanan kecamatan jangan dipusatkan/dipindahkan di sekretariat yang berada di Ternate. Sekretariat hanya difungsikan sebagai tempat transint guna pengurusan hal-hal yang menyangkut dengan perencanaan dan penganggaran pemerintah Kecamatan Pulau Batang Dua," ungkap Qufal mengutip instruksi Wakil Wali Kota.

Qufal menambahkan, untuk pelayanan kepada masyarakat harus tetap dilakukan di kantor camat Pulau Batang Dua yang berada di Kelurahan Mayau.

"Dan Bagian Pemerintahan diminta untuk melakukan pengawasan intensif terkait dengan hal tersebut," ujar Qufal.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Front Pemuda Peduli Batang Dua (FPPB), Rabu kemarin, menggelar aksi damai di depan kantor Wali Kota Ternate.

Aksi tersebut, menuntut Pemkot Ternate agar segera mencopot perangkat Kecamatan di Batang Dua, karena dinilai tidak maksimal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Pulau Batang Dua.(thy)


Reporter: Ibenk