Home / Indomalut / Ternate
03 Januari 2019

Disetujui KASN, Pemkot Jadwalkan Roling Bulan Ini

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dalam waktu dekat akan melakukan rotasi jabatan eselon II, III dan IV, termasuk Lurah di lingkup Pemkot Ternate. Hal ini disampaikan orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate, H Burhan Abdurahman belum lama ini.

Kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.com, Wali Kota memberikan sinyal akan melakukan roling pejabat di lingkup Pemkot Ternate, "Ada roling Lurah pada awal tahun ini atau dalam waktu dekat, karena kita memburu pelaksanaan kegiatan sudah mulai berjalan karena APBD 2019 sudah disahkan, maka akan dipercepat perangkatnya," kata Burhan.

Meski demikian, Wali Kota dua periode itu enggan memastikan kapan pelaksanaan roling bagi Lurah dan sejumlah pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkot Ternate. "Yang jelas dalam waktu dekat, karena program-program sudah harus berjalan, APBD juga sudah disahkan, sehingga harus secepatnya," ujar Burhan.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Ternate, Junus Yau, membenarkan adanya jadwal rollng pejabat di lingkup Pemkot Ternate.

Kata dia, pelantikan akan dilakukan secara serentak untuk pejabat struktural eselon III dan IV, apalagi sudah ada persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), " kalau memang pak Wali sudah sampaikan begitu, pada Januari ini, seluruh eselon II, kita assesmen tanpa terkecuali dan akan kita rotasi secara besar-besaran, karena sudah ada persetujuan dari KASN," katanya.

Sementara itu, sebuah sumber terpercaya indotimur.com di kalangan birokrasi Pemkot Ternate yang enggan namanya dipublish menyebut, untuk eselon II, hanya roling, "untuk jabatan setingkat Kepala Dinas, terjadi roling, jadi hanya bergeser saja," kata sumber seraya menyebut, roling akan dilakukan usai para pejabat mengikuti asesmen.

Meski demikian, sumber mengaku belum mengatahui pergeseran yang dilakukan pada pejabat eselon II, "kalau itu, saya belum cover," kata sumber saat ditanya komposisi pejabat eselon II di lingkup Pemkot Ternate pasca asesmen.(thy)


Reporter: Ibenk