Home / Indomalut / Sofifi
15 April 2019

Plh Sekda Malut Buka Bimtek HPS

Plh sekda bersama pimpinan OPD dilingkup Pemprov (Humas)

SOFIFI , OT  -  Pelaksana Harian (Plh) Sekda Malut, Bambang Hermawan membukan secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov). 

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa  yang dipusatkan di aula Nuku lantai II Kantor Gubernur Malut. 

Plh Sekda Bambang Hermawan menyampaikan, pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab yang besar dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program/kegiatan yang ada pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Olehnya itu lanjut dia, dalam melaksanakan program dan kegiatan tersebut, tentu saja harus melalui tahapan-tahapan di mulai dari perencanaan, penganggaran, pengadaan barang/jasa serta tahapan evaluasi yang harus selalu berpedoman kepada perundang-undangan yang berlaku. Ungkapnya.

Dikatakan, Bimtek  yang dilaksanakan saat ini difokuskan pada 3 (tiga) elemen penting dalam pengadaan barang/jasa pemerintah yakni harga perkiraan sendiri  (HPS), spesifikasi teknis serta rancangan kontrak.  “Dalam Perpres 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah, mengamanatkan tugas PPK antara lain adalah menetapkan HPS, spesifikasi teknis dan rancangan kontrak," katanya.

“Perpres ini, diharapkan mempercepat  dan mempermudah pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, tidak berbelit-belit, sederhana, sehingga  memberikan value for money, serta mudah dikontrol dan diawasi,"ujanya.

Kegiatan ini turut melibatkan para peserta dari 42 SKPD lingkup pemerintah Provinsi dan menghadiri narasumber  dari dewan penasihat ahli kontrak pemerintah Indonesia (FAKPI) Mudji Santosa, Sekretaris DPD ikatan ahli pengadaan Indonesia (IAPI) Provinsi Malut, Iksan dan Takdir Ali Mahmud, wakil ketua III DPD ahli pengadaan   Indonesia (IAPI) Provinsi Malut. (PN)(al)


Reporter: Alfajri A. Rahman