04 Februari 2018

Raih Juara II SSB IM Ternate Dipuji Firman Utina

Kobe : Juara Bukan Tujuan Utama Kami

MANADO, OT - Meski gagal mengikuti jejak para seniornya, SSB Indonesia Muda (IM) junior U-10 tahun, berhasil keluar sebagai runner-up piala PDI-P Sulawesi Utara yang dilangsungkan sejak tanggal 2 Februari lalu di stadion Klabat Manado.

Tim yang diarsisteki coach Rasid Hasan itu, harus mengakui keunggulan SSB milik Firman Utina dengan skor tipis 1-0 pada laga final piala PDI-P Sulut, Minggu (4/2/2018) sore di stadion Klabat Manado.

Meski meraih peringkat kedua, SSB Indonesia Muda U-10, mendapat apresiasi dari pemain Timnas Firman Utina. "Puas menghadapi anak-anak Indonesia Muda Ternate, karena mereka bermain kreatif, dia coba bermain bagus, saya senang itu, mereka bisa juara pada masa akan datang, jika kemampuan mereka terus diperhatikan hal-hal secara fisik di anak-anak itu sendiri," kata Firman usai final.

Salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia itu, bahkan memberikan warning kepada para senior di kota Ternate, karena para pemain Indonesia Muda junior memiliki kemampuan yang luar biasa.

"Saya salut kepada mereka. Mereka mampu bermain secara konsisten hingga di pertandingan final. Mereka ini, cikal bakal pengganti pemain-pemain sepakbola Indonesia, khususnya di Ternate. Jadi hati-hati buat Zulham, Zulfin karena adik-adik kalian, regenerasi kalian semakin hari semakin bagus," ungkap Firman Utina.

Sementara itu, ketua SSB Indonesia Muda Ternate, Kobe Rusdi mengaku bangga atas capaian anak-anak Ternate yang mampu menembus babak final piala PDI-P Sulut. "Ini sebuah prestasi membanggakan, sebab kompetisi ini diikuti oleh ratusan SSB dari berbagai daerah di Indonesia," ujar Kobe bangga.

Menurutnya, keikutaertaan SSB Indonesia Muda pada ajang piala PDI-P Sulut merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter para pemain. "Intinya juara bukan tujuan tapi bagaimana anak-anak berproses untuk menjadi pemain yang lebih baik," ungkap Kobe.

Kata dia, pembinaan pemain usia dini yang dilakukan Indonesia Muda mulai menampakan hasil. "Ini baru awal, kita masih perlu terus berbenah, terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, semoga kedepan, SSB Indonesia Muda bisa memnerikan kontribusi positif bagi dunia sepakbola di Maluku Utara dan Indonesia umumnya," pungkas Kobe.
(thy)


Reporter: Ibenk