11 Oktober 2018

Si Jago Merah Lalap 4 Ruko di Jalan Irian Pasar Sekadau

Ruko yang terbakar

Kebakaran menghanguskan empat ruko yang berada di kawasan Pasar Sekadau, tepatnya di Jalan Irian, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (11/10) dinihari. Api yang cepat menghanguskan bangunan yang berdekatan. Hingga saat ini garis polisi masih terpasang di lokasi tersebut.

SEKADAU KALBAR, OT - Kebakaran menghangus kantor Bank BRI unit Sekadau, Indomaret, toko baju dan toko kelontong. Keempat ruko tersebut berdiri berdempetan. Warga setempat berhamburan keluar rumah.

Bahu membahu warga bersama petugas pemadam kebakaran memadamkan api. Mobil pemadam kabakaran tak hanya oleh Damkar BPBD Kabupaten Sekadau, tetapi juga dibantu Yayasan Bhakti Luhur, Yayasan Sosial Bhakti Sungai Ayak serta dibantu dari Sanggau dan Sintang. Bahkan, satu unit mobil water canon Polres Sekadau juga diturunkan untuk membantu memadamkan api.

Salah seorang warga setempat, Iik Ruhiyat menuturkan, sekitar pukul 01.49, dirinya mendapatkan telepon dari seseorang yang menyebut ada kebakaran di depan rumahnya. Saat dirinya keluar, api sudah terlihat dan melahap bangunan.

“Saat saya lihat pertama api belum membesar. Tapi, berselang 10 menit kemudian api sudah mulai membesar,” ujarnya.

Iik mengatakan, saat mengetahui adanya kebakaran dirinya langsung memukul tiang listrik sembari berteriak ada kebakaran. Saat itu juga warga lainnya keluar dan ada yang mengevakuasi barang-barang berharganya dari dalam rumah.

“Saya juga wanti-wanti karena letaknya dekat dengan rumah karena api semakin membesar. Warga juga bersama pemadam kebakaran bahu membahu membantu memadamkan api,” ucapnya.

Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi menuturkan, kebakaran tersebut menghanguskan empat ruko. Saat itu, kata dia, pihaknya mendapatkan informasi adanya kebakaran di Jalan Irian, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir.

“Sekitar pukul 01.40 wib, anggota datang ke tempat kejadian perkara (TKP). Kemudian, damkar BPBD Kabupaten Sekadau juga mendatangi TKP dan Polres Sekadau menurunkan satu unit water canon untuk memadamkan api,” ungkapnya.

Anggon mengatakan, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04.10 wib. Pihak kepolisian langsung mengamankan tempat kejadian perkara dan memasang police line. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Penyebab kebakaran masih diselidiki dan kerugian akibat kebakaran tersebut belum bisa ditaksir,” jelasnya.(red)


Reporter: Yahya Iskandar