Home / Berita / Politik
06 Desember 2018

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2019, KPU Sekadau Gencar Lakukan Sosialisasi

Yusvia Nonong

SEKADAU KALBAR, OT - Berbagai upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Apalagi, KPU RI menargetkan partisipasi pemilih pemilu 2019 secara nasional sebesar 77,5 persen. Sedangkan, KPU Kabupaten Sekadau menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 sebesar 75 persen.

Anggota KPU Kabupaten Sekadau, Yusvia Nonong menuturkan, berbagai upaya yang dilakukan untuk mendongkrak partisipasi pemilih pemilu 2019 sebesar 75 persen. Saat ini, kata dia, pihaknya sedang gencar-gencarnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami lakukan sosialisasi berbasis keluarga, pemula dan perempuan. Lebih gencar melakukan sosialisasi agar target partisipasi pemilih bisa tercapai,” ujarnya, Kamis (6/12)

Ia mengatakan, hal itu merupakan langkah KPU dalam membangun komunikasi dengan berbagai pihak. Bahkan, pihaknya juga menyasar pemilih pemula, pemuda, ormas dan organisasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Upaya yang dilakukan ini mendorong partisipasi masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada pilpres dan pileg serentak pada 17 April 2019 mendatang,” ucapn Nonong.

Ia berharap, masyarakat sebagai pemilih tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif. Selain itu, ia juga berharap langkah yang dilakukan KPU bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Paling tidak, kata dia, informasi yang disampaikan itu bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dengan baik.

“Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, tentu perlu keterlibatan masyarakat. Memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat secara luas,” pungkas Nonong.(red)


Reporter: Yahya Iskandar