Home / Berita / Politik
03 Januari 2019

PWI Malut Bentuk Lembaga Pemantau Pemilu

Halik Djokrora

TERNATE, OT- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku Utara (Malut) membentuk Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI, Kamis (3/1/2019). Pembentukan lembaga ini sesuai arahan Ketua Umum PWI Puat Atal S. Depari.

Plt. Ketua PWI Provinsi Malut Halik Djokrora menyampaikan, PWI Pusat akan mereshuflle kepengurusan Mappilu, karena ketua Mappilu PWI Pusat Agus Sudibyo terpilih sebagai anggota Dewan Pers dari perwakilan masyarakat.

Kata Hallik, PWI Pusat memandang pentingnya potitioning PWI secara nasional dalam memberikan informasi yang akurat. “Ini semata untuk kepentingan publik,” ujar Halik.

 “PWI punya jaringan di seluruh kabupaten/ Kota  yang akan menjadi pemantau pemilu yang obyektif,” kata Halik.

Halik menjeaskan, Mappilu PWI adalah bagian dari masyarakat pers yang harus tetap kritis mengawasi dan mengembangkan pendidikan politik di masyarakat. “Tujuan Mappilu untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat, mengamati, dan mengumpulkan informasi terkait proses penyelenggaraan pemilu, serta memantau proses pemungutan,” jelasnya.

Unutk itu, PWI Maluku Utara menetapkan Ketua Mappilu Mahmud Daya dan Sekretaris Abdul Fatah. “Selanjutnya akan dibentuk Mappilu PWI kabupaten/kota di Maluku Utara dan berkoordinasi dengan Bawaslu serta Kesbangpol provinsi maupun kabupaten/kota,” tuturnya.(red)


Reporter: Fauzan Azzam