Home / Berita / Politik
15 April 2018

Panwas Desa se-Kabupaten Haltim Resmi Dilantik

Suasana pelantikan

MABA,OT- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Desa se-Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) resmi dilantik oleh Ketua Panwaslu Haltim, Suratman Kadir.

Menurut Suratman, pelantikan Panwaslu Desa untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019. "Jadi ada 102 desa Panwasdes di 10 kecamatan yang akan kita lantik," kata Suratman, Kepada Indotimur.com, Minggu (15/04/2018).

Dikatakan, pemilu 2019 memiliki tantangan besar jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. "Pemilu 2019 secara teknis akan di selenggarakan secara bersamaan. Dan ini tantangan lebih besar," katanya.

Untuk itu, Panwaslu Desa tidak hanya berfungsi mengawasi jalannya tahapan, tetapi diwajibkan menjalankan supervisi terhadap pelaksanaan tugas yang dilakukan Pengawas TPS.

"Panwaslu Desa adalah bagian dari penyelenggara pemilu yang juga akan menghadapi tantangan yang harus siap," ujarnya.

Lanjut dia, diharapkan kepada seluruh Panwaslu Desa baik yang sudah dilantik maupun yang akan dilantik agar tetap menjaga Integritas dan menjalankan tugas pengawas yang baik. 

Sedikit di ketahui, Panwaslu Desa Kecamatan Maba Selatan dan Kota Maba, Sabtu (14/04/2018) telah dilantik oleh Ketua Panwslu Haltim, Suratman Kadir, dan hari ini Minggu (15/04/2018) menyusul Kecamatan Maba Tengah dan Wasile Timur.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar