Home / Berita / Politik
10 Februari 2019

Deklarasi Dukung Jokowi-Amin, Bawaslu RI Akan Panggil Enam Kepala Daerah di Malut

Enam Kepala Daerah di Malut yang ikut deklarasi dukung Jokowi-Amin di Jakarta

TERNATE, OT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI akan menindak lanjuti deklarasi dukungan enam Kepala Daerah di Maluku Utara (Malut) untuk Capres dan Cawapres Joko Widodo - Ma'ruf Amin belum lama ini di Jakarta.

Para Kepala Daerah yang mendeklarasikan dukungan terhadap Capres 01 itu diantaranya, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes, Bupati Halmahera Utara Frans Manery, Bupati Halmahera Barat Danny Missy, Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus, Bupati Morotai Benny Laos dan Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim.

Ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti deklarasi dukungan enam Kepala Daerah di Maluku Utara (Malut) terhadap Capres nomor urut 1 di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi Menteng Jakarta Pusat, pada Minggu (3/2/2019) pekan lalu.

"Tentunya Bawaslu RI akan menindak lanjuti enam kepala daerah yang mendeklarasikan dukunganya di Jakarta, nanti akan dikroscek lebih jelas dan melihat ada pelanggaran atau tidak," ungkap Abhan kepada awak media di Ternate, usai memberikan materi pada bimbingan teknis Bawaslu Malut di Hotel Grand Dafam Bella Ternate.

Dia mengaku, pihaknya akan melakukan kajian terhadap dukungan enam Kepala Daerah kepada Capres petahana.

"Akan kami lihat deklarasi itu dalam kapasitas sebagai apa, Kepala Daerah atau sebagai Pimpinan Partai, tentu ini juga kapasitas kepala daerah dan juga sebagai pimpinan partai politik maka dari itu Bawaslu Ri akan mengkaji lebih lanjut lagi," tutup Abhan.

Sementara dari jumlah enam kepala daerah tersebut, tiga diantaranya bukan ketua partai Politik, yakni Bupati Halmahera Barat, Bupati Pulau Morotai dan Wali Kota Tidore. Sedangkan Bupati Kepulauan Sula adalah Ketua DPD Partai Demokrat Malut, Bupati Pulau Taliabu ketua DPD II Partai Golkar Pulau Taliabu dan bupati Halmahera Utara ketua DPD II Partai Golkar Halmahera Utara.(red)


Reporter: Randy Basri