Home / Berita / Politik
05 Mei 2018

AHM Pertanyakan 400 Kapal Nelayan ke AGK

Debat empat paslon cagub/cawagub Malut

TERNATE, OT - Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Maluku Utara (Malut), Ahmad Hidayat Mus (AHM) mempertanyakan 400 kapal Inka Mina ke Paslon Abdul Gani Kasuba (AGK), pada debat terbuka Cagub dan Cawagub, Jumat (5/5/2018) malam, di Grand Dafam Bela Hotel Ternate. 

AHM mempertanyakankapal nelayan itu, karen dalam debat gubernur (non aktif) Abdul Gani Kasuba menyampaikan, dimasa masih menjabat telah menyediakan 400 kapal Inka Mina yang diperentukan bagi nelayan di Maluku Utara.

Hal inilah membuat AHM mempertanyakan statemen AGK tersebut. "Setelah saya berkeliling melakukan kampanye pada 10 Kabupaten/Kota, tidak pernah melihat 400 kapal Inka Mina sebagaimana yang disebutkan AGK," ujar AHM.

"Saya keliling 10 Kabupaten/Kota, tapi tidak pernah melihat 400 kapal yang telah disebutkan AGK tadi," ujar AHM.

Mantan Bupati Sula itu mengatakan, pemerintah pusat telah menetapkan Morotai, Halsel, Talibu sebagai daerah penghasil ikan terbanyak. Namun, mereka tidak bisa melakukan ekspor keluar karena masih kekurangan kapal.

"Mana kapal nelayan telah dijanjikan AGK, 400 kapal tapi tidak melihat sampai ikan busuk kapal tidak mungkin ada," ucap AHM, disambut para pendukung.

Menangapi debat tersebut, Cawagub M Ali Yasin, justru dengan semangat juga menyampaikan, kedepan jika mereka terpilih kembali, akan mengantikan nama kapal menjadi Inka Maritim bukan lagi Inka Nima.

"Kami terpilih kembali maka nama kapal nelayan akan diganti," katanya, sambil tangan menujuk ke arah Paslon AHM-Rivai.(al)


Reporter: Alfajri A. Rahman