Home / Ekonomi / Perbankan
30 Mei 2018

Ini Jadwal Layanan Penukaran Uang Kecil Di Ternate

TERNATE, OT - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara di Ternate, membuka layanan penukaran uang rupiah kecil dan terpadu jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H bersama sejumlab perbankan konvensional pada beberapa titik di Kota Ternate.

Layanan penukaran uang tersebut dilaksanakan mulai tanggal 30 dan 31 Mei 2018, pukul.08:00 hingga 12:00, kemudian pukul 14:00 sampai dengan pukul 16:00 WIT di areal pasar Higenis Ternate.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Maluku Utara, Dwi Tugas Waluyanto kepada wartawan menjelaskan, pelayanan penukaran uang juga dilakukan oleh beberapa perbankan yang ada di Maluku Utara terutama perbankan yang memiliki kas keliling.

Kata dia, bagi perbankan yang tidak memiliki layanan kas keliling, bisa memggunakan tenda atau melakukan pelayanan penukaran uang di kantor masing-masing, "dibuka mulai dari tanggal 30 sampai 31 Mey 2018 dan minggu depannya dari tanggal 5 dan 6 Juni 2018," kata Dwi Tugas, Rabu (30/5/2018).

Kata dia, untuk layanan penukaran uang yang dilakukan BI dan sejumlah bank komvensional, telah disosialisasikan kepada masyarakat melalui stasiun TV, RRI, radio swasta, koran maupun media cyber atau online.

"Penukaran uang mulai dari tanggal 30 dan 31 Mey 2018 dan minggu depan tanggl 5 dan 6 Juni 2018, dan mulai hari ini juga kita sosialisasikan kemasyrakat di Maluku Utara melalui TT, RRI, radio swasta dan teman-teman media upaya untuk semua masyarakat tau informasi penukaran ini," kata Dwi Tugas.

Dia memastikan, layanan penukaran uang, bukan hanya dilakukan di Ternate, akan tetapi semua bank yang ada di Maluku Utara, sebab sudah dipasok uang baru sehingga diharapkan dapat melayani penukaran uang kecil di bulan ramadhan terutama kebutuhan pada saat Idul Fitri.

"Harapannya nanti sampai tanggal 9 juni 2018 hari terakhir penukaran uang karena tanggal 10 sudah banyak yang mudik. Kebanyakan uang kecil pecahan 20 ribu kebawah," ungkapnya.(red)


Reporter: Sartika M. Bodja