Home / Berita / Pendidikan
08 November 2018

Kepsek Keluar, SD 54 Halsel Libur

Umar : Kami Sudah Ambil Langkah

Siswa SD 54 Halsel lakukan protes

HALSEL OT - Wajah dunia pendidikan di Kecamatan Gane Barat Utara Kabuoaten Halmahera Selatan (Halsel) akhir-akhir ini memprihatibkan.

Setelah sebelumnya, masalah pendidikan dikeluhkan siswa dan orang tua siswa SMAN 32 Desa Samo Kecamatan Gane Barat Utara, yang terancam tutup, kini masalah kembali dikeluhkan oleh siswa dan warga desa Samat Kecamatan Gane Barat Utara.

Pasalnya, para siswa SD 54 Desa Samat saat ini terpaksa diliburkan karena tidak ada guru, sehingga proses belajar mengajar tidak dapat dilaksanakan.

Junaidi Salim, warga Samad menjelaskan, akibat tidak ada tenaga pengajar sehibgga sekolah terpaksa diliburkan.

Selain tidak ada guru, kata dia, Kepala Sekolah (Kepsek) Mahmud A Rahman dikabarkan sering ke Labuha dan Ternate sehingga siswa harus diliburkan.

"Sekolah tidak ada guru, hanya kepsek saja,  jika Kepsek ke Labuha atau Ternate, maka sekolah diliburkan karean tidak ada guru," tandasnya.

Siswa dan orang tua serta warga Desa Samad meminta pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Halsel dapat melihat masalah ini.

"Kami minta Pemda agar melihat kondisi yang terjadi saat ini dan kami juga berharap proses belajar mengajar kembali seperti sebelumnya," harapnya.

Sebelumnya, SD 54 Desa Samad memiliki 4 orang guru, namun dipindahkan ke sekolah lain, sehibga SD 54 tidak ada guru dan hanya Kepsek.

Terkait hal itu Sekretaris Dikbud Halsel Unar Iskandar Alam mengatakan, pihaknya sudah ambil langkah untuk persoalan di SD 54 Desa Samad.

"Kami sudah tidak lanjuti masalah SD 54 Desa Samad," aku Sekretaris Dikbud Halsel, Kamis, (8/11/2018) di ruang kerjanya.

Bahkan, lanjut Unar, pihaknya telah memanggil Kepsek SD 54 Desa Samad dan sudah dimintai klarifikasinya.

"Kami sudah panggil Kepseknya dan Kepsek mengakui kalau dirinya tinggalkan tugas karena lagi mengurus dana BOS triwulan tiga," jelas Umar.

Untuk kekurangan guru, lanjut Umar, pihaknya telah menempatkan dua guru PNS yang juga warga Desa Samad di SD 54 Desa Samad. (it@)


Reporter: Ikbal Bafagih