Home / Berita / Pendidikan
16 Mei 2018

Kemendikbud RI Bakal Gelar Jelajah Sejarah Jalur Rempah di Halsel

Umar Iskandar Alam

HALSEL OT - Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) bakal dijadikan salah satu pusat kegiatan jelajah sejarah jalur rempah oleh Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. 

Hal itu dibuktikan dengan kedatangan tim dari Kemendikbud RI ke Halsel yang di wakili Dirjen Cagar Budaya dan UPT Sejarah Kemendikbud RI, Rabu (16/5/2018)

Sekretaris Dikbud Halsel Umar Iskandar Alam membenarkan adanya kunjungan tim dari Cagar Budaya dan Sejarah Kemendikbud RI.

Kunjungan tim Kemendagri di Halsel, kata Umar, membicarakan rencana kegiatan jelajah sejarah jalur rempah di Halsel. 

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda untuk mengenal NKRI sebagai negara kepulauan dan kejayaan maritim di Nusantara. 

Ditambahkan, sebelum digelar kegiatan tersebut,  pihak Kemendikbud RI merekrut 100 mahasiswa untuk membantu menggali dan mengangkat budaya atau sejarah yang tertimbun atau terlupakan oleh masyarakat setempat. 

Nantinya para mahasiwa itu,lanjut Umar,  ditempatkan di sejumlah rumah warga selama dua minggu untuk menggali dan mengangkat sejarah yang tertimbun atau terlupakan oleh masyarakat setempat," jelasnya. 

"Kegiatan jelajah sejarah jalur rempah itu bakal dilaksanakan pada bulan Septenber 2018 mendatang," pungkas Umar.(it@)


Reporter: Ikbal Bafagih