Home / Berita / Pendidikan
01 November 2018

Dikbud Kota Ternate Tunggu Data Anak Putus Sekolah Dari Kelurahan Dan Kecamatan

Kadikbud Kota Ternate, Ibrahim Muhammad

TERNATE, OT - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Kota Ternate, Ibrahim Muhammad belum sepenuhnya memiliki data anak yang putus sekolah di Ternate.

Meski Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman telah mengistrukaikan pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk melakukan pendataan pada setiap lingkungan, namun Kadikbud mengaku, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu data dari pihak Kecamatan dan Kelurahan.

Kepada indotimur.com, Kadikbud Kota Ternate, Ibrahim Muhammad, kepada mengatakan, untuk data anak yang putus sekolah yang ada di Ternate, pihaknya masih menunggu data valid dari pihak Kecamatan dan Kelurahan.

Dia mengaku, samapi sekarang semuanya belum terdata di Dinas Dikbud Kota Ternate, karena pemdataan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan masih berlangsung.

"Karena itu secara pasti anak yang putus sekolah, dilihat dari kelas berapa, sebagai contonya anak yang putus sekolah, di SD kelas 5 tahun berapa maka akan bisa dihitung dari situ kalau tidak di data, bisa jadi dia sekolah SD saja sudah sampai 16 tahun nah ini yang perlu diteliti dan didata semaksaksimal mungkin," ujar Kadikbud.

Pihaknya meminta aparatur Kecamatan dan Kelurahan untuk melakukan pendataan secara rinci, mulai dari nama siswa bersangkutan, tempat putus sekolah, berapa tahun sehingga ada kepastian bahwa data yang dimiliki itu betu- betul riil dan valid.

Menurutnya Dikbud membutuhkan data dari pihak Kelurahan dan Kecamatan mulai dari anak putus sekolah, "karena Dikbud harus merinci mengcover data bukan serta merta mengindentifikasi, tetapi harus cepat mengambil langkah," ujarnya.(red)


Reporter: Dedi Sero Sero