Home / Berita / Pendidikan

3.247 Pelajar Sekolah Dasar Se-Kota Ternate, Ikut Wisuda BTQ dan Thafizd Quran

10 April 2019
Suasana Prosesi Wisuda Di Stadion Gelorah Kie Raha Ternate Sedang Berlangsung

TERNATE,  OT - Tidak kurang dari 3.247 pelajar tingkat dasar (SD), Rabu (10/4/2019) mengikuti prosesi wisuda Baca Tulis Quran (BTQ) dan Thafizd Quran yang dipusatkan di stadion Gelora Kie Raha Ternate.

Pelaksanaan wisuda dihadiri Wali Kota Ternate, Wakil Wali Kota Ternate, unsur Forkompinda, para pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemkot Ternate, Kepala SKP Kota Ternate, Kepala-Kepala Sekolah SD maupun SMP se-Kota Ternate, dewan guru serta ribuan peserta wisuda bersama orang tua siswa.

Sekertaris Dispen Ternate, sekaligus Pejabat Pelaksanaan Teknis Kegiatan (PPTK) Mahmud J Abdurahman, kepada indotimur.com disela-sela acara wisuda mengatakan, pelaksanaan wisuda BTQ dan Thafizd Quran kali ini berjalan aman dan lancar.

Kata dia, pelaksanaan wisuda BTQ dan Thafizd Quran menjadi cerminan bagi siswa/siswi yang belum sempat mengikuti wisuda BTQ dan Thafizd, " karena ini menjadi dasar mental bagi peserta yang diwisudakan guna membentuk moral dan karakter lebih baik lagi," katanya.

Kepala Dispen Ternate Ibrahim Muhammad, dalam sambutanya menjelaskan, peserta wisuda BTQ dan Thafizd yang mengikuti wisuda hari ini sebanyak 3.247 orang, terdiri dari 197 Thafizd,  25 juzz, satu orang Thafizd 9 juzz dan satu orang Khafilah 3 juzz," terang Kadis.

Dijelaskan, wisuda BTQ dan Thafizd adalah buah dari kerjasama seluruh elemen masyarakat yang disebut dalam.sebuah filosofi, "kami sebut satu tungku, tiga batu yakni soa, sekolah, sigi, keluarga, sekolah, dan masyarakat, secara umum dalam rangka memberikan pembekalan kepada anak-anak dalam menghadapi tantangan masa depan," ungkapnya.

"Wisuda hari ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumya, dulunya yang mewisudakan selain Wali Kota Ternate dan pimpinan SKPD, hari ini wisuda  BTQ adalah Kepala SMP negeri dan swasra se-Kota Ternate, karena mereka telah siap akan melanjutkan apa yang dilakukan oleh teman-teman berjenjang SD, " jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, dalam sambutanya memberi apresiasi atas tema yang diusung pada wisuda ini, "Harmonisasi Ikhtiar Soa,  Sekolah, Sigi, dan menghadirkan generasi Quran yang tangguh"

"Saya menghanturkan tahmid kepada Dispen Ternate yang menjadikan budaya.Ternate sebagai pilar dalam membumikan Al- quran di negeri para wali," kata Wali Kota Ternate, dalam sambutannya.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu mengatakan, wisuda BTQ adalah sebuah ikhtiar deferensasi pendirian seorang muslim terhadap Al- quran, "wisuda Baca Tulis Quran merupakan upaya menghadirkan generasi emas permata yang wajib dipelihara, wisuda ini pula kita menguatkan generasi ngofa sedano budaya Ternate, generasi digital  hidup di  tengah-tengah gelombang teknologi," ucap Wali Kota.

Oleh karena itu, lanjut Wali Kota, semua komponen masyarakat dan pemerintah tidak boleh pasrah dan biarkan generasi muda kita terpengaruh dengan zaman, "tetapi kita harus tetap berupaya agar mereka dapat mewarnai zaman,dengan berpedoman pada Quran," harapnya.(ded)


Reporter: Dedi Sero Sero

BERITA TERKAIT