Home / Berita / Pendidikan

3.205 Generasi Qurani Kota Ternate, Diwisuda

12 Mei 2018

TERNATE, OT - Tidak kurang dari 3.205 siswa SD/Mi Negeri dan swasta se-Kota Ternate, Sabtu, (12/5/2018) sore, mengikuti prosesi Wisuda Tahfidz dan Baca Tulis Al-Quran (BTA) tahun ajaran 2017-2018 di lapangan Lapangan Sango, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Wisuda yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) itu, turut dihadiri Plt Wali Kota Ternate, unsur Forkompimda, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate, para pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemkot Ternate, siswa/siswi peserta wisuda serta ribuan orang tua siswa/siswi yang diwisuda.

Program BTA, merupakan program Pemkot untuk menjadikan Ternate sebagai Kota Agamais sebagaimana visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate dan merupakan jerih payah para guru, ustadz dan ustadzah di Taman Pengajian Quran (TPQ) yang ada di seluruh wilayah Kota Ternate. 

Plt. Wali Kota Ternate, Abdullah Taher dalam sambutannya sebelum mewisuda para siswa mengatakan, dengan mengenal Al-Quran sejak dini, merupakan hal utama sebelum mengenal pembelajaran yang lain. 

"Bagi seorang muslim, menanamkan nilai-nilai Al-Quran sudah menjadi komitmen yang universal, sehingga terdapat waktu khusus, dimana pengajaran tentang Al-Quran ditanamkan kepada anak-anak, remaja, dewasa maupun usia lanjut," ujar Plt Wali Kota. 

Menurutnya, dengan wisuda hari ini, berarti Pemkot, mengulang kembali deretan catatan emas dalam penyiapan generasi Qurani, sekaligus menoreh lembaran baru generasi yang unggul dalam peradaban.

"Kita tidak dapat pungkiri, bahwa program unggulan yang menghasilkan generasi Qurani adalah sumbangsih terbesar dari pencetus penguatan pendidikan agama di Kota Ternate, yaitu Bapak, Doktor Haji Burhan Abdurahman yang selalu peduli dengan pendidikan karekter melalui pintu agama," ujarnya. 

Sementara itu, Kadikbud Kota Ternate, Ibrahim Muhammad dalam laporanya mengatakan, wisuda kali ini memiliki dua nuansa yang berbeda, yakni untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kecamatan Ternate Utara, dengan tujuan bisa mengintegrasikan kebudayaan dalam pendidikan. 

"Yang berbeda kali ini ada pesan pendidikan multi kultural, dimana ada bersama kita, anak-anak kita dari SMP Katolik Bintang Laut Ternate yang ikut berpartisipasi sebagai paduan suara pada wisuda BTA kali ini," kata Kadikbud.

Dikatakan, wisuda ini dalam perspektif budaya orang Ternate, memiliki nilai yang sangat tinggi. "Dengan wisuda ini, kita ingin meletakan dasar fondasi bagi anak-anak kita dalam menghadapi era globalisasi yang tidak pasti," tutupnya.

Program Baca Tulis Al-Quran bagi siswa SD/MI kelas VI itu, telah dilaksakan Pemkot Ternate sejak tahun 2012 silam. Ini juga merupakan syarat masuk siswa tingkat Dasar untuk melanjutkan pendidikam ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP).(thy)


Reporter: Fadli

BERITA TERKAIT