22 Februari 2019

Turnamen U-12 Sekadau Resmi Dibuka

Foto : Pembukaan turnamen U - 12 di Sekadau

SEKADAU KALBAR, OT - Turnamen Sepakbola U-12 resmi dibuka secara simbolis oleh Dinas Pemuda, Olahraga,  Budaya dan Pariwisata (Disporapar)Kabupaten Sekadau di Lapangan Ej Lantu Kota Sekadau, Jumat (22/2) pagi.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Sekadau Hilir dan Komunitas Sekadau Empuk Cerita (SEC) yang sudah kali ke tiga mengadakan Turnamen Sepakbola U-12 ini dalam rangka mencari bibit terbaik mulai dini dalam kancah persepakbolaan Sekadau.  

Ketua Panitia Kegiatan Syahbandi M mengatakan, pihaknya telah melaksanakan kegiatan ini secara rutin setiap tahunnya. Menurutnya, perkembangan setiap tahun partisipasi peserta sangat meningkat. 

"kegiatan Turnamen Sepakbola U - 12 ini pertama kali dimulai pada tahun 2017 dan hingga saat ini sudah kali ketiga kita laksanakan, ini berkat kekompakan KKGO Sekadau Hilir yang terus berdedikasi tinggi dalam dunia sepakbola sekadau, "ujarnya saat memberikan sambutan.  

Pangab sapaan akrab Syahbandi M sampaikan, terkait peserta kegiatan ditahun ini sebantak 18 Tim, itu terdiri dari Sekolah Dasar (SD)  yang ada di Kabupaten Sekadau.  

"Peserta kegiatan ada 18 Tim yang terdiri dari sekolah yang ada di kabupaten sekadau, yang lebih menarik adalah peserta bukan hanya dari sekadau saja melainkan dari wilayah kabupaten lain yaitu Sanggau dan ikut serta,"jelasnya. 

Mengenai kategori siswa, hampir semua yang tergabung mengikuti turnamen ini adalah kelas 5 dan kelas 6 SD. Penyelesksian dilakukan secara transparan dan  profesional.  

"Hampir semua kelas 5 sampai 6 SD,l yang ikut bertanding,  dan itu dibuktikan dengan Rapot Siswa. Intinya kita selektif, dan ini juga sebagai komitmen kami setelah adanya juara dikompetisi ini akan mengikuti iven di tingkat propinsi,"ungkap Pangab yang juga sebagai Penilik PLS di Kecamatan Sekadau Hilir. 

 Dirinya berharap, sudah terjaringnya dari kompetisi ini,  pihaknya meminta dinas yang terkait baik dari Diporapar dan Disdik serta PSSI mengagendakan kegiatan sepakbola dalam rangka pembinaan para generasi sepakbola di sekadau. 

"Kita minta setelah adanya juara dari kompetisi ini pihak dlinstansi terkait yang merupakan leding sektor permasalahan pembinaan sekolah dan olahraga bisa membidik siswa atau tim sekolah yang berprestasi, agar bisa dibawa ke tingkat kompetisi selanjutnya,"beber Ketua SEC itu. 

Tidak lupa, Pangab ucapkan terimakasih kepada para Sponsorship dalam membantu kegiatan ini. "Sumbangan Mendali dari Kades Sungai Ringin, Bola dari Ipda Irwan,  Piala dari Disporapar, Bingkisan dari Wahana Visi Indonesia,  CU Lantang Tipo,  Bank Kalbar Sekadau dan beberapa pihak yang berpartisipasi pada kegiatan ini,  semoga kedepan bisa lebih bekerjasama lagi,"pungkasnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau Losianus mengatakan, dirinya berpesan kepada seluruh peserta kegiaran untuk bemainlah dengan sportif. 

"Terus berusaha sekuat mungkin dengan keterampilan yang ada,  saya yakin jika siswa beprestasi tentu akan dikirim ke tingkat yang lebih baik dari panitia ataupun instansi terkait,"ujarnya.  

Dari sisi lain,  tentu pembinaan terus dilakukan dan juga komunikasi baik antara KKGO daj SCE bersama Disporapar dan pihaknya akan terjalin lebih baik.  "Intinya sinergisitas dalam hal meningkatkan kualitas generasi sepakbola sekadau terus dilakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga mereka tidak terjerumus kepada hal yang negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, bahkan air keras, "tukasnya. 

Sementara itu,  Kepala Disporapar Kabupaten Sekadau Paulus Misi mengatakan, kegiatan yang sama juga sudah dilakukan pihak Pemerintah yaitu program Gala Desa yang dilaksanakan di Desa Nanga Taman Kecamatan Nanga Taman.  

"Kompetisi kemarin menyeleksi U - 14, saya rasa kegiatan ini tentu membuat hal-hal positif bagi anak-anak. Mereka bisa berprestasi dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh pengalaman bagi usia mereka, "ungkapnya. 

Menurutnya,  kegiatan Olahraga ini tentu membuat sehat bagi manusia. Karena ada pepatah Italia mengatakan 'Dari Tubuh Yang Kuat terdapat Jiwa yang sehat'.  

"Jadi saya berharap dengan olahraga sepakbola ini bisa membuat anak-anak sehat dan semangat, bahkan ini menjadi wadah untuk mencari pengalaman mereka, "ucapnya. 

Kedepan dirinya sangat mendukung kegiatan dari KKGO dan organisasi olahraga lainnya untuk meningkatkan generasi muda sekadau berkualitas l,  agar bisa bersaing dengan pemain di kabupaten lain. 

Usai kegiatan secara simbolis,  acara langsung dilanjutkan dengan pawai memutar pasar sekadau dan kembali lagi di lapangan Ej Lantu Sekadau.  

Hadir pada kegiatan ini adalah Kepala Disporapar,  Kepala Disdik,  Kecamatan,  Pengawas,  Diskominfo,  Polsek dan Sat Binmas Polres Sekadau serta Peserta kegiatan yang berjumlah ratusan orang. (red)


Reporter: Yahya