13 Oktober 2018

Trabas Trail Jelajah Halmahera Bumi Fagogoru Sukses Digelar

WEDA, OT- Kegiatan trabas trail jelajah Halmahera Bumi Fagogoru yang dilaksanakan dalam rangka HUT TNI Ke-73 dan HUT Kabupaten Halmahera Tengah ke-28 sukses digelar.
 
Kegiatan yang  diikuti 120 orang peserta dari TNI, Polri dan Komunitas Trail se-Maluku Utara, turut serta dalam kegiatan tersebut Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, Kakanhan Malut Kolonel Mar Rahmat, Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina, Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiyarta, Para Kabalak Rem 152, Kapolres Halteng.
 
Peserta trail dilepas oleh Wakil Bupati Halteng Abdul Rahim Odeyani, kemudian secara bersamaan para peserta menyusuri rute Weda - Dote dengan jarak 150 Km pulang pergi dengan karakteristik rute 40 Km jalanan aspal, 80 Km jalan diperkeras dan 30 Km hutan belantara.
 
Berbagai halangan dan rintangan seperti jalan yang terjal, licin, berlumpur hingga tanjakan ekstreem membuat para Trail Mania harus jatuh bangun dan mandi lumpur, namun itu semua tidak menyurutkan untuk memacu kendaraan hingga batas kemampuan, sambutan hangat datang dari warga terbukti sepanjang perjalanan masyarakat dan pelajar berbaris rapi dijalan yang akan dilalui, bahkan sebagian ada yang menyiapkan tarian tradisional guna menyemangati rombongan. tidak terasa perjalanan ditempuh dalam waktu 7 jam hingga finish di Desa Dote.
 
Sementara Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina menyampaikan, seyogyanya dilaksanakan menempuh rute Weda - Patani, namun karena adanya longsor yang terjadi di hutan Botlol, sehingga batas terjauh hingga Desa Dote dengan jaran 150 Km.
 
Rute ini cukup menantang karena cukup banyak rintangan yang harus dihadapi para peserta namun kita bersyukur kita dapat finish dan kembali ke Weda dalam keadaan selamat dan lengkap. (Penrem 152)


Reporter: Fauzan Azzam