01 Mei 2018

Sepakbola Popda : Morotai Imbangi Halsel 2-2

Selebrasi Gol tim Halsel

TERNATE, OT - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke IX, cabang olahraga (cabor) sepakbola, Senin (30/4/2018), mempertandingkan tim dari Bumi Saruma kabupaten Halmahera Selatam (Halsel), berhadapan dengan tim Bumi Moro kabupaten Pulau Morotai.

Berlaga di stadion Gelora Kie Raha, kedua tim berbagai angka 2-2 setelah wasit yang memimpin laga meniup peluit tanda pertandingan usai.

Dua gol yang disarangkan tim Halsel, masing-masing dicetak oleh Sarman S Selang pada menit ke-26 dan Rizaldi pada menit ke-32, sedangkan dua gol dari tim Morotai, dicetak oleh M Yuri menit ke-18 dan Frangky pada menit ke-78 babak kedua.

Sejak peluit babak pertama, dibunyikan wasit, kedua tim saling jual beli serangan. Tim Halsel yang mengenakan jersey orange sempat membuat peluang emas, namun penjaga gawang Morotai, Rizal Gafur dengan sigap mampu menepis bola yang mengarah le gawangnya. 

Memasuki menit ke-18, para pemain, pelatih dan official Morotai bersorak, saat penyerang lincah yang dimiliki tim Morotai, M Yuri berhasil memecah kebuntuan dengan memgubah papan skor menjadi 1-0 untuk tim Bumi Moro.

Melihat anak asuhnya tertinggal, pelatih kepala tim asal Bumi Saruma, Ilham Aldjokja, dari luar lapangan, memberikan instruksi kepada pemain Halsel, untuk sedikit melakukan perubahan skema serangan.

Hasilnya, pada menit ke-26, pemain Halsel, Sarman S Selang mampu mengkonvensi umpan silang pemain bernomor punggung 10, Surly, untuk merubah skor menjadi sama kuat 1-1.

6 menit berselang, penjaga gawang Pulau Morotai, kembali memungut bola dari gawangnya, setelah pemain nomor punggung 18 Rizaldi mampu memanfaatkan tendangan bebas dari luar kotak pinalti. Skor berubah menjadi 2-1 untuk tim asal Halsel.

Meski sempat menciptakan beberapa peluang emas, namun hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai, tidak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, tim Morotai yang tertinggal 1 gol terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan kesebelasan Halsel. Gol penyama kedudukan akhirnya terciptta pada menit ke-78 melalui tendangan kaki kanan Frangky. Skor imbang 2-2.

Kesebelasan Morotai yang mengenakan jersey Biru sempat membuat gol menit-menit akhir babak kedua, namun kemudian gol dianulir karena pemain Morotai terlebih dulu berada pada posisi offside.

Meski beberapa peluang sempat tercipta, namun hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan usai, tak ada lagi gol yang tercipta.(al)


Reporter: Alfajri A. Rahman