05 Agustus 2018

Formatur POSSI Kota Ternate Resmi Terbentuk

Sahmar Ishak : Paling Lambat Bulan Depan Pengurus POSSI Ternate Dilantik

Foto bersama usai pembentukan POSSI Kota Ternate

TERNATE, OT - Setelah terbentuk selama delapan tahun, pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Maluku Utara, akhirnya pembentukan fomatur POSSI Kota Ternate yang resmi dilakukan pada, Minggu (5/8/2018) pada salah satu hotel ternama di Kecamatan Ternate Tengah.

Acara pembentukan formatur POSSI Kota Ternate yang diketuai oleh, Ruslan Bian, juga dihadiri oleh Ketua POSSI Malut, Wahda Zainal Imam dan stakeholders termasuk Club Diving yang ada di Kota Ternate.

Ketua POSSI formatur Kota Ternate, Ruslan Bian saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, termasuk indotimur.com, mengatakan, sebagai langkah awal, pihaknya akan membentuk pengurus POSSI Kota Ternate yang melibatkan bebagai unsur seperti Basarnas, TNI AL, Polairud serta club selam se-Kota Ternate.

Kata dia, POSSI bukan semata-mata olahraga profesi dan perstasi, namun POSSI adalah organisasi cabang olahraga yang peduli akan konservasi lingkungan, khususnya lingkungan bawah laut.

“Bila nanti sudah menjadi Ketua POSSI devinitif, maka beberapa program jangka pendek seperti pemetan lokasi diving, hingga lisensi yang sudah dimiliki para penyelam yang ada di Ternate dari berbagai tingkatan mulai dari open water hingga  hingga dive master juga akan dilakan pendataan,” ujar Ruslan yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkot Ternate.

Menurutnya, yang paling utama adalah menciptakan SDM di POSSI yang berlisensi, sebab olahraga selam merupakan Cabor yang beresiko tinggi yang apa bila salah dalam penerapan maka akibatnya akan fatal.

“Kita juga akan meprogramkan kegiatan survey seluruh lokasi diving yang ada di Kota Ternate untuk dibuat peta konservasi diving dan akan dilegalkan dari tingkat Desa hingga tinggkat Kota untuk selajutnya diperdakan sebagai peta khusus konservasi diving,” jelasnya.

Ruslan berharap dengan adanya pembentukan POSSI Kota Ternate, peningkatan SDM bisa lebih didorong dengan target bisa mengikut sertakan para atlit untuk pra Pra PON di kategori fins swimming hingga Oriontasi Bawah Air (OBA).

Sementara itu, Ketua Inisiator Pembentukan POSSI Kota Ternate, Sahmar Ishak dalam keterangannya mengatakan, pihaknya akan merampungkan komposisi pengurus dan anggota POSSI Kota Ternate, setelah itu akan diusulkan ke KONI untuk selanjutnya diajukan ke Provinsi untuk diterbitkan SK.

“Kita akan rampungkan semuannya dan paling lambat Insya Allah pada bulan September nanti sudah dilakukan pelantikan Ketua dan pengurus devinitif,” pungkas Sahmar.(thy)


Reporter: Ibenk